Home » Banggai Kepulauan » Raskin di Lumbi-Lumbia Tak Layak
Raskin di Lumbi-Lumbia Tak Layak
Beras Miskin (raskin) yang diterima warga miskin di beberapa desa di Kabupaten Bangkep, tak layak dikonsumsi.

Raskin di Lumbi-Lumbia Tak Layak

SALAKAN– Puluhan warga miskin di desa Lumbi-lumbia, Kecamatan Buko Selatan, mengeluhkan kualitas beras miskin (Raskin) yang mereka terima. Pasalnya, beras  yang diterima mereka berkualitas buruk dan tak layak konsumsi.
Selain banyak kutu, beras dari bulog yang diterima warga tak berwarna putih selayaknya beras pada umumnya. Raskin yang diterima itu berwarna kuning kehitam-hitaman.
“Tak layak untuk dimakan berasnya. Itu beras banyak kutunya dan warnanya kuning kehitam-hitaman,”kata warga.
Menurut warga, beras dengan kualitas buruk bukan satu atau dua kali saja diterima oleh warga. Hampir setiap bulan, warga selalu menerima  beras dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.“Bukan kali ini saja. Beras yang dibagikan warga di bulan-bulan sebelumnya, juga sama dan tak jauh beda,” ungkapnya.
Dari penelusuran wartawan, ternyata raskin tak layak konsumsi bukan hanya beredar dan diterima warga miskin di Lumbi-Lumbia. Warga dari beberapa desa di Kecamatan Totikum, mengaku menerima beras pembagian dengan kwalitas rendah. “Iya raskin yang kami terima banyak kutunya dan berwarna kuning kehitam-hitaman,” kata Kamran,  warga Salangano, Kecamatan Totikum, Senin (17/10).
Pengakuan tentang beras tak layak konsumsi juga disampaikan warga dari Desa Sakai, Kecamatan Totikum. Sebagaimana pengakuan Risno Bonenehu.
Menurut dia, beras yang diterima warga miskin di desanya, terlihat berkutu serta tak layak konsumsi. Bahkan kata dia, saat pembagian beras ada beberapa warga yang menolak untuk menerima beras tersebut dengan alasan tak layak konsumsi. (wan)

About uman