Home » Berita Utama » Edigio Siap Tuntaskan Kasus Korupsi
Edigio Siap Tuntaskan Kasus Korupsi
AKP Edigio

Edigio Siap Tuntaskan Kasus Korupsi

LUWUK-Kasat Reskrim Polres Banggai, AKP Edigio F Alfamantar menyatakan, kasus-kasus korupsi yang saat ini masih ditangani Reserse Kriminal Polres Banggai akan ditangani hingga tuntas.
Kasus dugaan penyimpangan proyek penyusunan master plan dan studi kelayakan pengembangan pesisir kota untuk segmen Bubung dan segmen Simpong, misalnya, akan segera diekspose ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulteng.
Saat ini pihaknya masih fokus menghitung kerugian negara akibat dugaan penyimpangan proyek di Dinas Perumahan Tata Kota dan Ruang (Dispetarung) Kabupaten Banggai tersebut. “Pekan ini kami akan bawa ke Palu. Kasus segmen Bubung-simpong diekspose ke BPK,” ungkap Edigio.
Seperti diketahui, proyek penyusunan dokumen perencanaan yang menelan anggaran sekira Rp2,4 miliar lebih pada APBD tahun 2014 oleh Dinas Ciptakarya dan Tataruang (sekarang Dinas Petarung) diduga penuh dengan rekayasa. Sejak proses lelang hingga proses penyusunan dokumen yang ditengarai hanya copy paste. Sementara perencanaan pesisir kota terbagi dalam dua kegiatan. Yakni penyusunan master plan dan penyusunan study kelayakan. Masing-masing dibagi dalam dua segmen lagi, yakni segmen bubung dan segmen simpong.
Sementara itu, kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan lahan DVOR/DME (Doppler VOR/ Distance measuring equipment) Bandara Syukuran Aminuddin Amir sudah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Banggai, namun dikembalikan. Dengan demikian, pihaknya akan melengkapi berkas perkara dengan meminta keterangan dari Majelis Kehormatan Notaris (MKN) di Palu. “Pekan ini kami berangkat ke Palu untuk melengkapi berkas perkara, khususnya keterangan MKN,” kata Edigio di ruang kerjanya, Senin (17/10).
Ia meyakini, kasus DME/DVOR akan tuntas, setelah terjadi pergantian tiga kali Kapolres dan empat Kasat Reskrim. “Saya yakin, kasus ini P21. Dan tetap dilanjutkan,” tegasnya. (awi)

About uman