Home » Politik » Bulan Ini Perda OPD Diterbitkan
Bulan Ini Perda OPD Diterbitkan
Benyamin Pongdatu

Bulan Ini Perda OPD Diterbitkan

LUWUK– Berdasarkan jadwal, pekan ini rekomendasi Gubernur Sulteng tentang nomenklatur organisasi perangkat daerah (OPD) dikeluarkan. Dengan demikian, bulan ini juga peraturan daerah (Perda) OPD diterbitkan.
Kabag Organisasi Setda Banggai, Benyamin Pongdatu kepada wartawan Sabtu (16/10) kemarin mengatakan, setelah melewati tahapan panitia khusus (Pansus) dilanjutkan denan konsultasi pada Pemprov Sulteng. Untuk saat ini telah masuk pada tahapan menunggu rekomendasi Gubernur, yang berdasarkan jadwal pada pekan ini dikeluarkan.
Setelah rekomendasi itu ada dilanjutkan dengan paripurna penetapan Perda di DPRD Banggai, yang kemudian ditebitkan lagi peraturan bupati (Perbup) tentang struktur pemerintahan. “Sistemnya dengan dulu beda. Tahun 2014 lalu, Perda tersebut include mengatur struktur. Tapi saat ini struktur ditetapkan lewat Perbup,” kata Benyamin.
Setelah terbit Perbup lanjut Benyamin, dibuat uraian tugas, analisa jabatan serta standar kompetensi. Ketika tahapan masuk dalam proses pengisian jabatan itu sudah menjadi bagian dari kerja-kerja Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banggai.
“Tugas ini cukup berat. Baik menguras tenaga juga pikiran. Meski begitu kami tetap semangat demi mencapai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai,” kata Benyamin.
Pemda Banggai bakal merampingkan struktur perangkat daerahnya. Dari sebelumnya sebanyak 38 SKPD berkurang menjadi 31 SKPD. Adapun instansi yang bakal terhapus yakni Dinas Kehutanan, Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Perkebunan dan BP4K. “Perampingan empat SKPD itu karena kewenangannya sudah diambil Pemprov Sulteng, termasuk Badan Diklat dan Litbang yang dihilangkan,” ujar Benyamin.
Sementara itu, pengurangan juga terjadi pada Staf Ahli Bupati. Kata Benyamin, dari lima Staf Ahli Bupati dirampingkan tinggal dua Staf Ahli Bupati. Meski begitu ada dinas baru, yakni sebut Benyamin Dinas Kominfo, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. (yan)

About uman