Home » Luwuk Utara-Timur » Asisten II Buka Sosialisasi SDA
Asisten II Buka Sosialisasi SDA
Warga Desa Biak, Kecamatan Luwuk Utara mengikuti sosialisasi tentang peraturan SDA di BPU Desa Biak, Jumat (14/10).Sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat terhadap pentingnya pengendalian lingkungan.

Asisten II Buka Sosialisasi SDA

LUWUK UTARA– Asisten II Sekkab Banggai, Sutanto Hambali secara resmi membuka sosialisasi peraturan Sumber Daya Alam (SDA) di balai Desa Biak, Kecamatan Luwuk Utara, Jumat (14/10). Kegiatan yang digagas Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Setda Banggai ini, bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat terhadap pentingnya pengendalian lingkungan.
Dalam sambutanya, Sutanto menyatakan, belakangan ini, pemanfaatan lingkungan hidup tidak lagi didukung oleh upaya pelestarian demi menjaga keseimbangan. Sehingga, potensi SDA di Kabupaten Banggai mengalami penurunan kualitas dan kuantitas. Itu terjadi, karena adanya perilaku buruk dari tangan-tangan manusia yang tidak memikirkan keberlangsungan SDA bagi kehidupan.  Imbasnya, jumlah SDA semakin menipis dan kualitas lingkungan hidup ikut turun.
“Pemanfaatan SDA yang melampaui ketentuan, dapat menyebabkan krisis energi, krisis pangan dan pemanasan global lantaran pemanfaatan SDA oleh manusia yang tidak sesuai aturan,” katanya.
Sehingga kata dia, Pemda memberlakukan aturan bukan untuk melarang masyarakat agar tidak memanfaatkan SDA yang ada. Akan tetapi, dalam pemanfaatannya harus berdasarkan aturan main agar lingkungan dapat terkendali. “Harus ada penyatuan persepsi di masyarakat, dalam hal pengendalian lingkungan dengan menumbuhkan kesadaran tentang budaya menjaga dan memelihara lingkungannya,” tutur Sutanto. (ir)

About uman