Home » Metro Luwuk » Handoko Bisa Bebas
Handoko Bisa Bebas
Handoko Magaline saat dijemput personil Satuan Reserse Narkoba Polres Banggai dari dalam Lapas Kelas IIB Luwuk. Handoko dibawa ke Mapolres Banggai untuk menjalani pemeriksaan atas dugaan kepemilikan empat gram sabu, belum lama ini.

Handoko Bisa Bebas

LUWUK-Handoko Magaline, terpidana yang kini kembali ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus narkoba terancam bebas. Hal itu disebabkan penyidik dari Satuan Reserse (Satres) Narkoba kesulitan mengungkap bukti atas dugaan kepemilikan sabu-sabu seberat 4 gram yang ditemukan sipir dalam Lapas Kelas IIB Luwuk, beberapa waktu lalu.
Kasat Narkoba Polres Banggai, Iptu Chandra mengungkapkan saat ini penyidik masih menunggu hasil pemeriksaan handphone (HP) merek Iphone milik tersangka dari Mabes Polri di Jakarta. Awalnya, Iphone tersebut diperiksa di Bagian Information Technology (IT) Polda Sulteng, namun karena keterbatasan peralatan maka dibawa ke Mabes Polri. “Kami sampai saat ini masih menunggu hasilnya. Jadi untuk sementara kasus Handoko dihentikan sementara sambil menunggu hasil pemeriksaannya,” ungkap Kasat Narkoba Polres Banggai Iptu Chandra, Rabu (12/10).
Penyidik, kata dia, sulit membuktikan empat gram sabu itu milik Handoko. Pasalnya, sistem pengamanan Iphone tidak bisa dibuka sembarangan, selain pemiliknya (Handoko). Namun, penyidik sudah meminta kode pengamanan melalui kuasa hukum Handoko. “Alhamdulillah, kode pengamanannya sudah diberikan. Dan kami langsung mengirimnya ke penyidik Mabes Polri,” tutur Chandra.
Sebelumnya, penyidik Satuan Reserse Polres Banggai melakukan pemeriksaan Rabu (14/9) lalu. Namun, Handoko yang merupakan narapidana kasus narkoba itu, tidak mengakui bahwa 4 gram sabu-sabu tersebut adalah miliknya. Sementara, pada saat pemeriksaaan saksi sebelumnya, Mis Paudi alias Frengki mengaku jika dirinya disuruh Handoko untuk mengantor paket itu kepada seseorang yang sedang menunggu di luar Lapas. Selain itu, Frengki juga mengaku berkomunikasi via telepon dengan Handoko. Atas dasar inilah, sehingga penyidik membawa HP Handoko ke Polda Sulteng.
Jika nantinya hasil dari pemeriksaan hanphone tersebut tidak ditemukan adanya bukti keterlibatan Handoko, maka pria yang masih mendekam di sel tahanan Lapas tersebut teramcam bebas dari proses hukum atas temuan 4 gram sabu-sabu.(awi)

About uman