Home » Politik » Bapperda DPRD Keliling 23 Kecamatan
Bapperda DPRD Keliling 23 Kecamatan
Evert Kuganda

Bapperda DPRD Keliling 23 Kecamatan

LUWUK– Badan pembentukan peraturan daerah (Bapperda) DPRD Banggai atau yang sebelumnya dikenal dengan sebutan badan legislasi (Baleg) fokus pada kegiatan luar parlemen. Sebanyak 11 personil Bapemperda sedang mensosialisasikan Raperda tentang perlindungan petani pada 23 kecamatan se-Kabupaten Banggai.
Ketua Bapperda DPRD Banggai, Evert Kuganda kepada Luwuk Post, Rabu (12/10) kemarin mengatakan, sejak Senin (10/10) pihaknya sudah turun lapangan. “Kami melaksanakan sosialisasi atas perda inisiatif itu,” ujar Evert.
Demi mengefisienkan waktu lanjut Ketua DPC Partai Demokrat Banggai ini, Bapperda memusatkan sosialisasi pada salah satu kecamatan, ketika pesertanya berasal dari dua atau tiga kecamatan.
Evert merincikannya, untuk Kecamatan Pagimana dan Lobu, pusat kegiatannya di Pagimana. Bunta, Simpang Raya dan Nuhon, dilaksanakan di Kecamatan Bunta. Nambo dan Kintom dilaksanakan di Kintom serta Batui dan Batui Selatan dilaksanakan di Batui.
Karena adanya paripurna penandatangan nota kesepakatan KUA PPAS, sehingga Bapperda absen satu hari. “Sebenarnya hari ini (kemarin) giliran Lamala dan Balantak. Karena ada paripurna kami gantikan besok (hari ini),” kata Evert.
Selama turun di kecamatan, sambutan warga utamanya petani cukup baik untuk Raperda ini. Bahkan rencananya, Bapperda akan kembali menerbitkan Perda inisiatif lainnya. Semisal regulasi tentang tower Telkom, perlindungan terhadap nelayan serta kampung adat. (yan)

About uman