Home » Berita Utama » Utang PDAM Rp 4 Miliar segera Dihapus
Utang PDAM Rp 4 Miliar segera Dihapus
Suryanto Salote

Utang PDAM Rp 4 Miliar segera Dihapus

LUWUK-Direktur PDAM Kabupaten Banggai, Suryanto Salote, optimis utang yang melilit perusahaan daerah yang dipimpinnya sebesar Rp 4 miliar lebih itu segera dihapus.
Suryanto menjelaskan, utang pokok PDAM Kabupaten Banggai sebesar Rp1,3 miliar lebih, plus bunga Rp2,7 miliar lebih, atau total Rp 4 miliar lebih.
Ia menyebutkan regulasi yang mengatur tentang penghapusan hutang, yakni Permendagri nomor 48 tahun 2016 tentang pedoman penerimaan hibah dari pemerintah pusat kepada Pemda dan penyertaan modal daerah (PMD) kepada PDAM dalam rangka penyelesaian utang kepada pemerintah pusat secara non kas.
Pijakan lain yang membuat Suryanto yakin adalah adanya surat pernyataan kesanggupan untuk penyelesaian utang PDAM Banggai, yang telah ditanda-tangani Bupati Banggai, Herwin Yatim dan Ketua DPRD Banggai Samsulbahri Mang.
Saat ini lanjut Suryanto, pihaknya telah menyusun rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait penghapusan piutang. Perda itu nantinya akan menjadi syarat penghapusan piutang. “Tinggal selangkah lagi penghapusan piutang PDAM, yakni menunggu terbitnya Perda. Dan saya yakin Perda itu keluar pada pembahasan APBD Perubahan nantinya,” kata Suryanto.
Bagaimana jika piutang PDAM tidak dihapus? Suryanto kembali menegaskan hal itu berdampak pada komponen perhitungan tarif. Artinya, tarif dasar air (TDA) menjadi naik bergantung pada beban utang plus bunga.
Lebih jauh Suryanto mengatakan, khusus di Sulteng hanya tiga kabupaten yang akan dihapus piutang PDAM. Selain Kabupaten Banggai, Donggala juga Kabupaten Poso. Sedang se-Indonesia, ada 107 PDAM yang hutang PDAM nya dihapus.
Utang PDAM Banggai ini sudah terjadi sejak tahun 1999. Utang itu terus menumpuk dalam beberapa kali pergantian Direktur PDAM Banggai. Nanti di era Suryanto barulah utang tersebut bakal terhapus. “Saya terima kasih dan salut buat Bupati dan Ketua DPRD Banggai yang merespons penghapusan hutan PDAM Banggai,” kata Suryanto Salote. (yan)

About uman