Home » Berita Utama » Selamat Datang Pak Benny
Selamat Datang Pak Benny
Mantan Kapolres Banggai AKBP Jamaludin Farti (Kanan) mengajak Kapolres Banggai yang baru AKBP K Baehati bersama istri, berjabat tangan dengan seluruh anggota Polres saat masuk di halaman Mapolres Banggai. Sejak Sabtu (8/10), Kapolres Banggai resmi dijabat AKBP K Baehaki. [foto Taufik Basri/LuwuK Post]

Selamat Datang Pak Benny

LUWUK—Mantan Kapolres Tojo Una–una, Benny Baehaki Rustandi, SIk, resmi bertugas di Kabupaten Banggai sejak serahterima jabatan di Polda Sulteng 7 Oktober lalu. Prosesi serah terima jabatan dari Kapolres lama, Jamaluddin Farti, SIk kepada Benny Baehaki Rustandi di lingkungan Polres Banggai digelar di Mapolres Sabtu malam (8/10). Acara itu turut dihadiri oleh Bupati Banggai, Herwin Yatim, Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo, Dandim 1308 Luwuk Banggai, Kajari Luwuk serta sejumlah unsur pimpinan perusahaan dan BUMN di Kota Luwuk.
Dalam sambutannya sekira enam menit, Kapolres Banggai Benny Baehaki Rustandi,SIk, tak banyak menjelaskan target tugas tugasnya nanti. Ia lebih banyak mengenalkan diri, terutama perjalanan kariernya sejak lulus Akpol 1997 silam. Pertama tugas di Bengkulu Sumatera, perwira kelahiran Sukabumi Jawa Barat ini memeristri orang sumatera dan dikaruniai tiga orang anak perempuan.  Tujuh tahun setelah tugas di Sumatera dan selepas mengikuti pendidikan, Ia ditempatkan di Kalimantan Tengah selama tujuh tahun. Setelah kembali mengikuti  pendidikan, Ia ditempatkan di Sulteng dengan beberapa pos jabatan sebelum akhirnya dilantik sebagai Kapolres Tojo Una –Una. Ia menjabat sebagai Kapolres Tojo Una Una selama hampir dua tahun, tepatnya satu tahun sebelas bulan. “Alhamdulillah mulai kemarin saya resmi bertugas di wilayah Kabupaten Banggai,” ujarnya. Sebagai warga Kabupaten Banggai yang baru, Ia berharap dukungan dan bantuan dari segenap masyarakat di daerah ini agar mampu mengemban amanah yang dibebankan dipundaknya dengan baik. Ia memuji kakak satu angkatan Jamaluddin Farti yang menurutnya melaksanakan tugas dengan sangat baik. Ia pun berharap bisa mengikuti dan melaksanakan tugas sebaik yang dilakukan Jamaluddin Farti, Kapolres banggai yang digantikannya. “ Semoga dengan kebersamaan dan semangat pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik. Saya memohon dukungan dan doa dari warga Kabupaten Banggai,” imbuh suami tercinta dari Vika Volandia itu.
Ia berharap dan mendoakan Jamaluddin Farti terus sukses berkarir di tempat baru dan mendapatkan perlindungan dari Tuhan YME dalam melaksanakan tugas tugasnya.
Sebelumnya mantan Kapolres Banggai, Jamaluddin Farti dalam sambutannya, selama 18 bulan bertugas di Kabupaten Banggai, yakni sejak akhir April 2015, Ia banyak melewati event dan kegiatan yang mendapatkan dukungan penuh dari segenap keluarga Polres Banggai. Ia mengaku dimudahkan dalam melaksanakan tugas karena adanya dukungan dan koordinasi yang baik dari semua unsur Muspida Banggai.
Salah satu tugas tugas yang diemban dari Polda Sulteng yakni mengawal keamanan dan ketertiban masyarakat dalam pilkada Banggai.  Dimana Kabupaten Banggai, kata dia, merupakan daerah dengan indeks kerawanan pilkada rangking satu di Sulawesi Tengah. “(Dalam hal kerawanan pilkada) Kabupaten Banggai itu garis merah. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik. Ini tak lepas dari dukungan semua pihak, Pemda, Forkopimda, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh adat,” ujarnya. Ia mengakui ada riak riak pasca pelaksanaan pilkada, namun satu hal yang disyukurinya semua pasangan calon, bersikap negarawan dan mengenyampingkan ego pribadi dan kelompok. “ Semua berjalan dengan baik karena dukungan elit politik dan paslon  yang sangat dewasa serta berjiwa negarawan, lebih memetingkan kepentingan yang lebih besar dibanding kepentingan kelompok,” imbuhnya. Ia berharap penggantinya nanti dapat melaksanakan tugas tugasnya dengan dukungan penuh dari masyarakat. Terutama dua iven atau agenda besar didepan yang menanti Kapolres baru yakni pelaksanaan pilkades serentak serta esksekusi lahan tanjung. Menurut dia, sepanjang upaya komunikasi dikedepankan semua akan berjalan dengan baik.
Kepada seluruh elemen masyarakat Ia menghaturkan permohonan maaf jika keliru dalam kata dan tindakan. “ Malam ini kami sekeluarga pamit. Jika ada kata maupun tindakan yang melukai hati masyarakat saya menghaturkan permohonan maaf,” tutur mantan Kapolres Toli Toli itu.
Sementara itu, Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim, berharap Jamaluddin Farti makin sukses di tempat tugasnya yang baru. “ Kami mendoakan semoga terus sukses. Selamat jalan, selamat bertugas di tempat baru, Pak Jamal. Selamat datang Pak Benny,” imbuhnya. (ris)

About uman