Home » Politik » Ril Pilkada Banggai ‘Nyebrang’ ke Bangkep
Ril Pilkada Banggai ‘Nyebrang’ ke Bangkep
Ril Pilkada Banggai berencana beraudiens dengan sejumlah pihak yang berkompoten di pilkada Bangkep. Audiens itu pernah dilakukannya pada Ketua KPU Banggai, Irman Budahu saat pilkada Banggai tahun 2015 lalu.

Ril Pilkada Banggai ‘Nyebrang’ ke Bangkep

LUWUK– Relawan Independent Kawal Pemilihan Kepala Daerah (Ril Pilkada) Kabupaten Banggai berencana ‘nyebrang’ ke Bangkep. Agendanya melakukan pengawalan terhadap penyelenggaraan Pilkada di wilayah maritim tersebut.
“Ini bentuk pengawasan partisipatif kami. Dan itu sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 1 tahun 2015 dan perubahannya, PKPU dan Perbawaslu,” kata personil Ril Pilkada Kabupaten Banggai, Makmur Manesa kepada wartawan, Minggu (9/10) kemarin.
Dalam melaksanakan peran pengawalan agenda demokrasi di Bangkep, Ril Pilkada telah menujuk Budiyanto Tayeb sebagai koordinator Wilayah Bangkep untuk melaksanakan pengawasan partisipatif terhadap salah satu agenda negara tersebut.
Kata Makmur, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan administrasi sekaligus persiapan koordinasi atau audensi dengan pemangku kepentingan di Bangkep, diantaranya Plt Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kesbangpol, KPUD dan Panwaslih serta pasangan calon (paslon) beserta tim kampanye.
“Tujuan audensi untuk membangun komitmen bersama mendorong terwujudnya hasil pilkada yang berkualitas,” kata Makmur. Selanjutnya sambung Makmur, melakukan pengawasan yang terfokus pada pencegahan pelanggaran dan penanganan pelanggaran melalui Panwaslih. (yan)

About uman