Home » Politik » KPU Banggai tak Punya Peran
KPU Banggai tak Punya Peran
Amir Buhang

KPU Banggai tak Punya Peran

LUWUK– Sekalipun sebagai lembaga penyelenggara demokrasi, tapi KPU tidak memiliki peran terhadap pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan serentak 14 November mendatang. Sebab kata Divisi SDM dan Hubungan Masyarakat KPU Banggai, Amir Buhang tidak diatur dalam undang-undang penyelenggara pemilu. “Sebenarnya tidak ada peran KPU didalamnya. Karena tidak diatur dalam regulasi penyelenggara pemilu,” kata Amir yang dihubungi, Minggu (9/10) kemarin.
Akan tetapi sambung mantan Ketua Panwaslih Banggai ini, pada pelaksanaan Pilkades di daerah ini, KPU Banggai diminta untuk menjadi salah satu anggota dari tim yang dbentuk Pemda. “Timnya semacam adhock yang dibentuk oleh Pemda Banggai yang terdiri dari tujuh unsur,” kata Amir.
Tim tersebut lanjut tenaga dosen pada Untika Luwuk ini, bertujuan untuk menangani persoalan yang terkait dengan sengketa, yang memungkinkan timbul dari pelaksanaan Pilkades tersebut.
Apakah peran tim include didalamnya pengawasan Pilkades? Amir menjawab, pengawasan Pilkades menjadi kewenangan dari panitia Pilkades pada masing-masing desa yang melaksanakan gawean tersebut. (yan)

About uman