Home » Banggai Kepulauan » Ketersediaan Air dan Listrik Belum Memadai
Ketersediaan Air dan Listrik Belum Memadai
Masalah air bersih dan kelistrikan yang belum memadai masih belum terselesaikan dan akan kembali menjadi warisan pekerjaan rumah bagi bupati dan wakil bupati baru Kabupaten Bangkep.

Ketersediaan Air dan Listrik Belum Memadai

SALAKAN– Ketersedian sarana air bersih dan kelistrikan yang memadai, masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) dari pemda Bangkep, yang belum mampu diselesaikan. Kendati telah tiga bupati berganti, masalah air bersih dan kelistrikan belum juga terselesaikan dan tetap menjadi pekerjaan rumah.
Warisan masalah air bersih dan kelistrikan di Bangkep mesti disudahi di era kepemimpinan baru yang nanti lahir dari rahim Pemilukada Bangkep tahun 2017.
Siapapun nanti terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Bangkep, seharusnya memiliki tekad untuk menyelesaikan persoalan air bersih dan kelistrikan. Dengan begitu, dua masalah tersebut tidak lagi terwariskan di era kepemimpinan selanjutnya. “Bupati terpilih nanti, harus menjadikan masalah air bersih dan kelistrikan sebagai perioritas. Dan semuanya, dapat tuntaskan di lima tahun masa kepemimpinanya,” harap Toni, tokoh masyarakat Kecamatan Bulagi, Rabu (5/10).
Toni menilai, Pemda Bangkep seperti tak serius untuk mengatasi masalah air bersih dan kelistrikan bagi masyarakat. Buktinya, hingga kini hampir tak terlihat adanya upaya dari Pemda Bangkep dalam menyelesaikan krisis air bersih dan kelistrikan.
Contohnya kata Toni, dapat dilihat di Kecamatan Bulagi. Di sana krisis air bersih sudah terjadi selama berpuluh-puluh tahun dan sampai sekarang masih tetap begitu.
Masalah air bersih dan kelistrikan, masih tetap menjadi isu pembangunan yang utama di Bangkep. Itu searah dengan kondisi ril di lapangan, dimana masih terdapat banyak wilayah di Bangkep yang belum bisa menikmati sarana air bersih dan kelistrikan secara optimal.     Bahkan untuk masalah air bersih, ada di desa-desa tertentu masih mengandalkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan mereka termasuk untuk dikonsumsi.
Dengan kondisi ini, tak heran jika masalah air bersih dan kelistrikan terus disuarakan oleh masyarakat. (wan)

About uman