Home » Berita Utama » 35 Kepala Sekolah Dimutasi
35 Kepala Sekolah Dimutasi
Herwin Yatim

35 Kepala Sekolah Dimutasi

LUWUK-Bupati Banggai Herwin Yatim memenuhi janjinya untuk memutasi kepala sekolah (Kepsek) yang telah bertugas di atas empat tahun. Sebanyak 35 Kepsek se-Kabupaten Banggai diroling. “Dalam rangka evaluasi pimpinan sekolah, saya sudah menandatangani (mutasi) 35 sekolah,” kata Herwin pada Rakercab I DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banggai, Sabtu (8/10).
Orang nomor satu di Kabupaten Banggai itu tak merinci siapa saja Kepsek yang terkena penyegaran tersebut. Herwin hanya menegaskan bahwa mereka (Kepsek) sudah bertugas diatas 4 tahun di sekolah sebelumnya.
Herwin menegaskan Kepsek adalah tugas tambahan guru, bukanlah jabatan karir. Anehnya ada oknum yang begitu menginginkan jabatan Kepsek. “Saya heran kenapa jabatan kepsek sampai menggiurkan. Bahkan ada yang mau pasang badan. Ini tentu saja ada udang dibalik batu,” kata Herwin.
Saat mengikuti rapat koordinasi (Rakor) di Jakarta dengan pemateri dari komisi pemberantasan korupsi (KPK) terungkap, lebih dari 60 persen dana bantuan operasional sekolah (BOS) diselewengkan. Herwin sengaja menyampaikan informasi itu, lantaran modus penyelewengan dana BOS tidak mustahil terjadi di Kabupaten Banggai. “Tanda-tandanya ada disini. Makanya Kepsek menjadi jabatan seksi,” kata Herwin.
Ia juga mengungkapkan saat menjadi wakil bupati (Wabup) jabatan Kepsek ditenderkan. Tarifnya mulai dari Rp30 juta hingga Rp50 juta. “Fakta dan datanya ada sama saya,” kata Herwin.
Ia mengaku, ada tenaga pendidik yang berjuang sehingga Ia menjadi wabup pada pilkada 2011 silam, tapi tenaga pendidik itu tidak dihargai. Herwin pun enggan menutupi rasa kecewanya. “Sakitnya tuh di sini,” ucap Herwin. (yan)

About uman