Home » Berita Utama » 200 Wisman akan Kunjungi Banggai Laut
200 Wisman akan Kunjungi Banggai Laut
Pantai Pasir Putih di Desa Pasir Putih, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut. Pekan ini Kabupaten Banggai Laut bakal dikunjungi sekitar 200 Wisman.

200 Wisman akan Kunjungi Banggai Laut

BANGGAI – Pekan ini Kabupaten Banggai Laut bakal dikunjungi sekitar 200 wisatawan mancanegara (wisman). Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menginformasikan, biro perjalanan yang berbasis di Negara Jerman dibawah pengelolaan Sigi Neuhauss telah mengagendakan Pulau Jodoh, di Kecamatan Bangkurung sebagai salah satu tujuan dari paket perjalanan wisata.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sardin S. Pilisi melalui Kepala Seksi Pengembangan Pasar, Informasi dan Promosi Pariwisata, Iqrawan Bidu mengatakan, kunjungan ke Pulau Jodoh diharapkan jadi pembuka pintu pengenalan destinasi wisata Banggai Laut ke mancanegara. “Ini pintu promosi yang baik. Kami tawarkan rute tambahan ke Tolobundu atau Mbuang-Mbuang (Danau Ubur-Ubur, Red), kalau rute ini diikuti perjalanan mereka akan lebih berkesan,” tutur Iqrawan.
Salah seorang warga Desa Nggasuang, Kecamatan Bangkurung, Ridwan, menambahkan, destinasi  wisata yang juga dikenal dengan sebutan Bumi Hijrah itu terdapat tiga gugusan pulau. Namun hanya Pulau Jodoh yang berpenghuni. “Sebenarnya itu hanya tempat singgah nelayan. Lama kelamaan orang mulai menetap dan jadi kampung,” terangnya.
Sebagai tempat persinggahan, Pulau Jodoh dihuni warga pendatang, mulai dari Wanci dan suku Buton di Sulawesi Tenggara, Suku Bugis dari Sulawesi Selatan dan sebagian pribumi. “Ada juga orang Bajo di desa-desa berdekatan yang turut menetap di situ,” pungkasnya. (sbt)

About uman