Home » Kampus » Untika Akan Terapkan Pelayanan Berbasis IT
Untika Akan Terapkan Pelayanan Berbasis IT
Musdar M. Amin

Untika Akan Terapkan Pelayanan Berbasis IT

LUWUK-Tak ingin tertinggal jauh dari perguruan tinggi lain, Universitas Tompotika (Untika) Luwuk dalam peningkatan pelayanan kepada mahasiswa mulai termotivasi untuk menerapkan sistem pelayanan berbasis Teknologi Informasi (IT).
“Sistemnya sudah kita masukkan ke pusat. Jadi tinggal programnya saja. Rencananya, besok (hari ini,red) operator yang kita tunjuk untuk membidangi IT ini sudah akan dilatih,” ungkap Rektor Untika Luwuk, Musdar M. Amin, Selasa (5/10).
Menurutnya, selain merupakan ketentuan dalam suatu perguruan tinggi, IT juga merupakan salah satu terobosan bagi perguruan tinggi untuk meminimalisir pengeluaran anggaran. Selain itu, baik kepengurusan administrasi akademik dan administrasi keuangan, mahasiswa tidak perlu repot-repot lagi untuk hadir ke kampus seperti sebelum-sebelumnya.
“Banyak keuntungannya. Kita tidak lagi mengeluarkan anggaran untuk kertas jika mahasiswa ingin mengurus Kartu Rencana Studi (KRS). Mahasiswa bisa langsung mengurus melalui web yang disediakan. Selain itu juga, IT juga bisa digunakan sebagai alat sosialisasi universitas ke depan,” jelasnya.
Sementara itu, sebelumnya Fakultas Hukum (FAKUM) Untika Luwuk, terlebih dahulu menerapkan sistem IT dalam peningkatan pelayanan mahasiswa. Menurut Wakil Dekan FAKUM, Ari Sukadi Talaba, IT merupakan kebutuhan pokok bagi setiap perguruan tinggi karena akan mendekatkan institusi kepada pelayanan mahasiswa. Salah satu contoh, mengakses informasi sudah tidak dengan cara manual.
Seperti halnya bermanfaat bagi mahasiswa, IT juga sangat bermanfaat bagi institusi. Begitu pula dengan orang tua yang bisa mengontrol kegiatan-kegiatan akademik anaknya.
“Setelah ada situs resmi, kegiatan akademik mahasiswa dan dosen baik kepengurusan KRS, pengajaran, penelitian, bahkan pengabdian masyarakat, akan mudah diketahui dan diakses secara langsung. Situs resmi juga bisa menjadi salah satu keunggulan untuk mensosialisasikan FAKUM dan universitas kepada masyarakat. Sehingga baik mahasiswa dan publik tidak lagi harus datang hanya untuk mencari tahu informasi,” jelasnya. (and)

About uman