Home » Kampus » Tim Asesor Minta Tingkatkan SDM
Tim Asesor Minta Tingkatkan SDM
Sapnita Ismail

Tim Asesor Minta Tingkatkan SDM

LUWUK-Visitasi program studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik (FATEK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prof. Dr. Ir. Sri Harto Brotowiryatmo, DIP.H, dan Dr. Ir. Heru Purnomo, pada tanggal 28 hingga 29 September lalu berjalan sukses.
Dekan FATEK Unismuh Luwuk, Sopnita Ismail, menjelaskan hari pertama proses visitasi tersebut, tim asesor melakukan visitasi lapangan dengan mengunjungi ruang-ruang kelas mahasiswa. Selanjutnya tim asesor melakukan visitasi terhadap dokumen melalui borang yang dikirimkan pada tahun 2015 silam.
“Jadi, ada tujuh standar penilaian tim asesor dalam visitasi ini. Beberapa di antaranya adalah, kurikulum, tata pamong, sarana dan prasarana, serta SDM,” ungkapnya, Selasa (4/10).
Terkait hal itu, standar kurikulum serta tata pamong dinilai telah memenuhi standar yang telah ditentukan. Sementara beberapa standar lainnya, seperi SDM dan sarana dan prasarana menuai masukan dari tim asesor.
“Kalau hasilnya kemarin, hanya SDM saja yang banyak diberikan masukan oleh tim asesor. Kalau terkait dengan standar sarana dan prasarana itu, lebih kepada penyediaan laboratorium saja,” ungkapnya.
Menurut Sopnita, masukan tim asesor terkait peningkatan SDM menjadi motivasi fakultas untuk memperkuat SDM. Dalam hal ini, dosen FATEK akan lebih terpacu untuk melanjutkan pendidikan melalui dukungan universitas.
“Masukan dari tim asesor, agar mulai saat ini SDM dosen sudah mulai dipersiapkan hingga lima tahun ke depan. Itu untuk menghindari jangan sampai kita kalah dengan saingan FATEK yang lain, seperti di Untika Luwuk,” jelasnya.
Dari proses visitasi tersebut, lanjut Sopnita, pihaknya optimis bisa mendapatkan hasil yang diharapkan, yakni naiknya akreditasi yang awalnya C menjadi B. Meski demikian, pihaknya mengaku masih akan menunggu hasil yang nantinya akan dikeluarkan oleh Majelis Dikti, empat bulan ke depan.
“Dari hasil penilaian berita acara, kami tetap optimis akan mendapatkan akreditasi B. Untuk nilai borangnya itu rahasia. Yang pasti dengan turunya tim asesor untuk melakukan visitasi, artinya kita memiliki peluang besar untuk meningkatkan akreditasi. Lain halnya jika mereka (tim asesor) tidak datang untuk visitasi,” jelasnya. (and)

About uman