Home » Torang p Sekolah » Temui Titik Terang
Temui Titik Terang
Moh.Anwar

Temui Titik Terang

LUWUK– Persoalan SMP dan SMK Daerah yang berlarut-larut akhirnya menemui titik terang. Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Banggai, Moh. Anwar, mengatakan dewan pendidikan telah melaporkan masalah SMP dan SMK Daerah kepada Bupati Banggai dan mendapatkan respon yang baik. Meski belum ada jalan keluar atas persoalan yang menahun ini, setidaknya akan ada tindakan yang diambil untuk masalah SMP dan SMK Daerah.
Moh. Anwar menjelaskan, untuk menyelesaikan persoalan SMP dan SMK Daerah semua pegambil kekuasaan harus duduk berembuk untuk meluruskan permasalan yang terlanjur kusut. Seperti status sebenarnya SMP dan SMK Daerah, dari hasil penelusuruan yang dilakukannya, SMP dan SMK Daerah tidak bisa dibilang milik yayasan daerah karena tidak memiliki akta notaris. Dari sejumlah surat-surat yang ditemukan, SMP dan SMK Daerah adalah milik daerah dengan dewan pembina pejabat yang ditunjuk dalam SK Surat Keputusan No: Subditkesra 2/9/3/77, tentang Pembentukan Dewan Pembina Sekolah Teknologi Daerah Tingkat II Banggai di Luwuk.
“Untuk menyelesaikan persoalan ini kita harus tahu latar belakang masalah, prosesnya hingga metodologi penyelesaian masalah, sehingga semua pengambil keputusan bisa memutuskan apa yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah ini,” ujarnya, Rabu (5/10). Dia juga mengungkapkan sedang menunggu hasil rapat pihak SMP dan SMK Daerah tentang kemauan dari pihak sekolah. Status sekolah yang “mengambang” memang harus ditemukan jalan keluarnya, karena SMP dan SMK Daerah tetaplah milik daerah. (kha)

About uman