Home » Torang p Sekolah » Pramuka Jadi Tameng Negatif
Pramuka Jadi Tameng Negatif
Setiap Jumat sore lapangan SMA Negeri 2 Luwuk akan penuh dengan siswa yang latihan Pramuka.

Pramuka Jadi Tameng Negatif

LUWUK – Dari zaman dahulu hingga sekarang, kegiatan Pramuka memang ampuh menjadi filter peserta didik untuk dari hal-hal negatif yang terjadi. Telah menjadi rahasia umum, menemukan pelajar yang masih memakai seragam dengan sebatang rokok terselip di jarinya merupakan hal yang tidak sulit. Sering terlihat aktivitas merokok pelajar di emperan jalan setelah jam pulang sekolah, mirisnya hal ini tidak hanya dilakukan siswa SMA tapi SMP, bahkan juga SD.
Oleh karenanya, kegiatan positif yang dapat mengalihkan perhatian peserta didik bisa sangat membantu. Seperti kegiatan Pramuka, Pembina Pramuka Pangkal SMA Negeri 2 Luwuk, Idris Mohammad Saleh, mengatakan kegiatan pramuka bisa menjadi kegiatan alternatif siswa untuk jauh dari hal-hal negatif. Dengan berpramuka, peserta didik bisa diajarkan untuk disiplin, dan tentu saja bagaimana menjalani hidup yang sehat.
Siswa yang mengikuti Pramuka di SMA Negeri 2 Luwuk rutin melakukan latihan setiap hari Jumat sore. Terhitung sejak hari ini hingga Minggu 8 Oktober 2016, siswa yang masuk dalam ekskul Pramuka akan mengikuti Dianpinsat yang digandengkan dengan kegiatan Perjusami. Dalam kegiatan tersebut, mereka akan mendapatkan materi bela negara dari Dandim 1308 Luwuk Banggai. “Kegiatan Pramuka bisa membentuk karakter siswa dan melatih kemandirian mereka,” ujarnya (4/10)
Kegiatan tersebut juga menjadi ajang pencarian siswa yang dianggap mampu untuk mewakili SMA Negeri 2 Luwuk dalam perkemahan akbar yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini. (kha)

About uman