Home » Politik » Aleg Dapil III Inginkan DOB
Aleg Dapil III Inginkan DOB
Irwanto Kulap

Aleg Dapil III Inginkan DOB

LUWUK– Terinsipirasi dengan Provinsi Sultim serta mandeknya perjuangan Kabupaten Tompotika, sejumlah aleg asal dapil III rupanya menginginkan lahirnya daerah otonom baru (DOB). Wilayah kabupaten baru tersebut mencakup Kecamatan Pagimana, Lobu, Bunta, Simpang Raya dan Nuhon. Bahkan ada keinginan kalangan legislator untuk berkonsultasi dengan Mendagri dan Dirjen Otonomi Daerah, terkait dengan persyaratan DOB.
Kabar itu dibenarkan Irwanto Kulap, yang juga bagian dari aleg yang lahir dari dapil III. Kepada Luwuk Post via ponsel, Selasa (4/10) kemarin, politisi Golkar ini mengaku mendukung wacana DOB. “Saya yes jika masyarakat setuju dengan DOB itu,” ucap Irwanto.
Soal planning berkonsultasi dengan pemerintah pusat juga tak ditampik Irwanto. Memang kata dia, ada rencana untuk berkonsultasi terkait dengan sejumlah hal teknis pemekaran daerah. Akan tetapi yang menjadi langkah awal adalah bagaimana respons dari akar rumput sekaligus persiapan persyaratan administrasi. “Memang ada moratorium. Tapi sepanjang memenuhi syarat, saya kira itu bukanlah masalah,” jelas Irwanto.
Selain menyatukan persepsi terhadap semua pihak yang berkepentingan dengan pemekaran juga langkah yang tidak kalah penting lagi adalah berkonsultasi dengan Bupati serta Ketua DPRD Banggai. “Saya kira langkah itu perlu dibangun,” saran dia.
Disinggung nama calon DOB, Irwanto tanpa pikir panjang langsung berujar, Kabupaten Saluan. “Nama itu pas. Karena salah satu etnis lokal. Meski begitu tidak harus mengabaikan etnis lain, yang menjadi bagian dari NKRI,” kata Irwanto. (yan)

About uman