Home » Berita Utama » Oskar Berpeluang Dampingi Longki
Oskar Berpeluang Dampingi Longki
Oskar Paudi

Oskar Berpeluang Dampingi Longki

LUWUK – Ketua DPW PAN Provinsi Sulteng, Oskar Paudi berpeluang meniti karir di ibukota Provinsi Sulteng. Anggota DPRD Banggai tiga periode ini memiliki setidaknya dua nilai plus untuk menjadi Wakil Gubernur Sulteng menggantikan posisi almarhum Sudarto.
Ketua PAC Partai Demokrat Kecamatan Luwuk, Syahrin Taalek kepada Luwuk Post, Senin (3/10) kemarin mengatakan, pada pilkada Sulteng tahun 2015 lalu, paket Longki’S (Longki-Sudarto) mendapat dukungan koalisi partai, yakni Gerindra, PAN, PBB, PKB, PDIP dan Partai Demokrat.
Dari enam parpol itu, Gerindra, PAN dan PKB adalah pengusung. Sedang sisanya partai pendukung. Hal ini sambung Syahrin jika dikalkulasi, maka yang lebih berpeluang didorong menjadi pengganti antar waktu (PAW) almarhum Sudarto berasal dari kader PAN. “Agak sulit pak Longki mengakomodir dari kader Gerindra, mengingat Longki juga kader Gerindra. Begitu juga dengan PKB, karena jumlah perolehan kursi lebih besar PAN ketimbang PKB,” kata Syahrin. Bicara figur yang punya kans didorong, sebut Syahrin adalah Oskar Paudi. Sebab dia adalah Ketua DPW PAN Sulteng.
Pintu masuk kedua Oskar lanjut pria yang dilabeli Tomundo LINCA ini adalah keterwakilan kader dari jazirah timur Sulteng. Suksesnya Longki terpilih menjadi Gubernur Sulteng periode kedua ini, tidak lepas dari pemilih almarhum Sudarto, yang jumlahnya cukup signifikan. Dan akan lebih refresentatif, apabila Oskar menjadi Wakil Gubernur mendampingi Longki, karena adanya keterwakilan kader timur Sulteng.
Terlepas dua indikator tadi kata Syahrin lagi, selama tiga periode di DPRD Banggai, Oskar sudah sangat teruji baik secara politik, hukum maupun integritas serta dedikasinya.
Sekedar diketahui, dalam Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, pada pasal 29 ayat 3 disebutkan, pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dan huruf b serta ayat (2) huruf a dan huruf b diberitahukan oleh pimpinan DPRD untuk diputuskan dalam Rapat Paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD. (yan/ali)

About uman