Home » Politik » Inginkan Wakil dari Pagimana dan Kintom
Inginkan Wakil dari Pagimana dan Kintom
Ibrahim Darise

Inginkan Wakil dari Pagimana dan Kintom

LUWUK– Aleg DPRD Banggai, Ibrahim Darise mendukung wacana pemekaran daerah pemilihan (dapil). Dengan pecah dapil, politisi PAN ini yakin akan ada keterwakilan aleg dari Kecamatan Pagimana dan Kintom.
Kepada sejumlah wartawan di kantor dewan, belum lama ini, Ibra sapaan akrab legislator tiga periode ini berujar, selama ini belum ada perwakilan dari dua kecamatan tertua di Kabupaten Banggai tersebut. Padahal, tidak sedikit kader potensial yang dipunyai Kecamatan Pagimana dan Kintom.
Soal keinginan berbagai kalangan agar pada pileg 2019 mendatang, Kabupaten Banggai dipecah menjadi enam dapil, disepakati Ibra. “Saya sepakat jumlah dapil ditambah, dari empat menjadi enam dapil,” kata Ketua DPD PAN Kabupaten Banggai ini.
Satu argumen sehingga begitu merespons wacana tersebut, yaitu akan ada keterwakilan dua kecamatan itu. “Saya suka kedepan DPRD Banggai ini dihuni politisi vokal. Karena semakin kritis, semakin punya power lembaga ini,” tegas Ibra.
Cukup kencang memang wacana bahwa dapil II dimekarkan menjadi dua dapil. Begitu pula dengan dapil III dianggap layak ketambahan satu dapil. Bahkan sudah ada estimasi pembagian kecamatan, ketika penambahan dapil itu terwujud. Untuk dapil II kecamatan Kintom, Batui dan Batui Selatan, memisahkan diri dengan kecamatan Toili, Toili Barat serta Moilong. Sedang di dapil III, kecamatan Pagimana, Lobu serta Bualemo, tak lagi bersama-sama dengan Simpang Raya, Bunta dan Nuhon dalam satu dapil. Kans keterwakilan per kecamatan sangat terbuka lebar, utamanya buat Pagimana dan Kintom yang selama ini tidak punya kader di parlemen lalong. Hal ini sejurus dengan keinginan Ibra. (yan)

About uman