Home » Berita Utama » Sang Penegak Disiplin Itu Telah Pergi
Sang Penegak Disiplin Itu Telah Pergi
Gubernur Sulaawesi Tengah selaku inspektur upacara memberikan memimpin penghormatan terakhir kepada almarhum Wakil Gubernur H Sudarto, dalam prosesi upacara pelepasan di kantor gubernur, Minggu (2/10).

Sang Penegak Disiplin Itu Telah Pergi

PALU– Duka mendalam menyelimuti rakyat Sulawesi Tengah. Sabtu (1/10), pukul 16.36 Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Alm H Sudarto SH MHum, menghembuskan nafas terakhir, di rumah sakit Budi Agung Palu. Almarhum mendadak sakit dan dilarikan ke rumah sakit Budi Agung sekitar pukul 14.30 Wita.
Mendiang mantan Komandan Peleton Infanteri 711 Raksatama pergi dengan tenang, setelah sempat menjalani perawatan dokter jantung RS Budi Agung, didampingi Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola.
Kepergian sang penegak disiplin yang mendadak, membuat Gubernur sangat terpukul. Sosok yang dikenal sangat aktif menerapkan disiplin, loyal serta tegas tersebut tidak mengalami sakit sebelumnya.
Setelah disemayamkan di rumah duka, Jalan Ahmad Yani Palu, almarhum menjalani prosesi pelepasan dengan upacara sipil dipimpin Gubernur Longki Djanggola selaku Inspektur Upacara, Minggu (2/10).
Membacakan sambutan pada upacara pelepasan secara sipil, di kantor gubernur, Longki Djanggola tak kuasa menahan isak tangis. Seluruh yang hadir mengantar pelepasan jenazah turut meneteskan air mata kesedihan.
Betapa tidak, Gubernur Longki Djanggola merasakan kehilangan yang teramat dalam atas kepergian mantan anggota DPD RI 2009-2014. Pada 2011, Almarhum menerima pinangan Longki Djanggola dan terpilih sebagai wakil Gubernur diperiode pertama hingga 2016.
‘’Tahun 2016-2001 ini merupakan periode kedua, almarhum bekerjasama dengan saya sebagai wakil gubernur, dan seterusnya menjadi jabatan terakhir sebelum almarhum menghembuskan nafasnya terakhir,’’ungkap Gubernur.
Selaku Gubernur, Longki Djanggola mengaku sangat merasa kehilangan. Almarhum yang dikenal aktif dalam organisasi kemanusiaan ini merupakan sosok tegas yang loyal terhadap Gubernur. Loyalitas terhadap pimpinan serta kedisiplinan almarhum sangat membantu dalam menjalankan tugas gubernur.
‘’Almarhum yang begitu displin, tegas, membantu saya serta sangat loyal kepada pemerintah, ini sangat saya rasakan sebagai seorang gubernur,’’ungkap Longki.
Diakui Gubernur Longki, mencari sosok seperti Almarhum H Sudarto sangat sulit. Ini akan menjadi tugas berat bagi gubernur untuk mencari pengganti almarhum meneruskan kepemimpinan sebagai gubernur dan wakil gubernur.
‘’Mencari sosok yang sama seperti pak Sudarto, belum tentu dapat. Ini yang menjadi tugas berat saya kedepan, untuk mengganti kepergian pak Darto,’’ungkap Longki ditemui di Taman makam Pahlawan, usai pemakaman secara militer.
Dimata Longki Djanggola, Sudarto merupakan sosok yang luar biasa dedikasinya. Terhadap Gubernur almarhum selalu menunjukan loyalitas, penghormatan serta kerjasamanya kepada gubernur.
‘’Dari sisi umur, beliau lebih tua dari saya, 68 tahun, saya 63 tahun. Tetapi beliau sangat menghargai saya selaku gubernur, dan sayapun menghargai beliau sebagai wakil gubernur. Saya tidak pernah memanggil dia dengan sebutan wakil gubernur, tetapi saya memanggil mas Darto. Karena apa? Saya menghargai dia sebagai seorang yang lebih senior dari saya, hanya karena jabatan saya sebagai gubernur beliau harus hormati,’’terang Gubernur.
Usai menjalani prosesi pelepasan, Gubernur Longki Djanggola yang bertindak selaku Inspektur upacara pelepasan mengiringi serta ikut mensalatkan jenazah di Masjid Al Mujahidin, Komplek kantor gubernur.
Selanjutnya, prosesi diambil alih TNI diantar ke Taman makam Pahlawan Tatura Palu, yang  kemudian menjalani prosesi pemakaman secara militer. Bertindak selaku Irup, Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola. Ribuan masyarakat menyatu dengan keluarga, pejabat serta PNS di lingkungan pemerintah provinsi mengiringi kepergian almarhum ke tempat peristrahatannya yang terakhir.
Dalam kesehariannya, mendiang H Sudarto dikenal selalu siap menjalankan tugas-tugas yang diserahkan kepadanya. Semua disposisi gubernur selalu dilaksanakan tanpa melanjutkan lagi disposisi ke bawah. Semua dilaksanakannya penuh tanggungjawab. Dalam kondisi apapun almarhum selalu menyatakan siap.
Atasnama pemerintah dan rakyat Sulawesi Tengah Gubernur Longki Djanggola menyampaikan rasa duka yang mendalam serta terima kasih atas loyalitas serta dedikasinya semasa hidup almarhum.
‘’Selamat jalan Wakil Gubernur H Sudarto SH MHum. Dharma bhaktimu serta dedikasimu akan dikenang sepanjang masa,’’ucap Gubernur.(awl/jpnn)

About uman