Home » Politik » Perindo Minta KPU tak Diskriminasi
Perindo Minta KPU tak Diskriminasi
KPU Banggai diminta tidak diskriminasi dalam melakukan verifikasi faktual tahun 2017 mendatang. Desakan ini dilontarkan Sekretaris DPD Partai Perindo Banggai, Hasbi Latuba.

Perindo Minta KPU tak Diskriminasi

LUWUK– Proses verifikasi faktual partai politik (Parpol) akan dilakukan KPU Banggai tahun 2017. DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo), jauh hari sudah memberi warning buat lembaga penyelenggara pemilu tersebut, agar tidak terjadi diskriminasi.
“Kami meminta agar KPU Banggai obyektif dalam melakukan verifikasi faktual. Jangan ada pola diskriminasi kepada parpol,” ucap Sekretaris DPD Partai Perindo Banggai, Hasbi Latuba yang ditemui di sekretariatnya, Minggu (2/10) kemarin.
Adalah wajar lanjut Hasbi warning awal ini dilontarkannya, mengingat Perindo merupakan salah satu parpol pendatang baru. “Jangan karena faktor kedekatan, lantas ada parpol yang tidak memenuhi syara, tapi dipaksa di MS kan,” kata Hasbi.
Bukan berarti warning ini sebagai bentuk ketidak percayaan terhadap lembaga yang kini diketuai Irman Budahu tersebut. Akan tetapi lanjut Hasbi, ini merupakan bagian dari motivasi agar KPU Banggai tetap bekerja professional. “Kami harap pada verifikasi faktual tercipta asas keadilan, tanpa diskriminasi,” tegas Hasbi lagi.
Perindo Banggai yang diketuai Rusli Banun, sepertinya siap menjadi peserta pileg tahun 2019. Itu tercermin lewat pemenuhan persyaratan sebagaimana diamanatkan undang-undang parpol, yang dilakukannya. Salah satu persyaratan yang telah dirampungkan, yakni kartu tanda anggota (KTA). Kata Hasbi, dari target KTA yang diatur regulasi, Perindo Banggai sudah melampauinya. “Kami sudah mengumpulkan sebanyak 2.025 KTA. Angka itu jauh dari target yang diterapkan aturan,” kata Hasbi.
Kesiapan lain terlihat dari perangkat sayap parpol. Perindo Banggai kini telah membentuk DPD Kartini Perindo yang diketuai Herawati Ibrahim, DPD Pemuda Perindo Banggai diketuai Abdul Rahman Sawiro dan DPD Rescue Perindo yang dinahkodai Muh. Ilham Natsir. Bahkan rencananya kata Hasbi pihaknya membentuk wadah bernama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Perindo Banggai. (yan)

About uman