Home » Politik » Ada Sinyal Seluruh DAU Dikembalikan
Ada Sinyal Seluruh DAU Dikembalikan
Syafruddin Husain

Ada Sinyal Seluruh DAU Dikembalikan

LUWUK– Ada sinyal dari pemerintah pusat bahwa dana alokasi umum (DAU) yang sebelumnya tertunda, akan segera dikembalikan. Diprediksi, pengembalian DAU secara keseluruhan pada daerah itu, akhir November 2016.
Anggota Komisi III DPRD Banggai, Syafruddin Husain kepada Luwuk Post, Minggu (2/10) kemarin mengatakan, menyimak wawancara Menteri Keuangan RI Sri Mulyani pada salah satu stasiun televisi swasta belum lama ini, ada sinyal DAU akan dikembalikan ke daerah, tak hanya satu bulan, melainan secara keseluruhan.
Hal ini tentu saja kata politisi PKB ini menjadi kabar gembira terhadap daerah yang terpangkas DAU nya, termasuk Kabupaten Banggai. “Bukan hanya sebulan, tapi kemungkinan DAU seluruhnya. Nah, untuk daerah ini bisa jadi dana Rp158,3 miliar itu akan dikembalikan,” katanya.
Masih menurut politisi yang biasa disapa Haji Udin ini, legislatif masih akan melihat jika tim anggaran pemerintah daerah (TPAD) Kabupaten Banggai sudah memasukkan dokumen KUA dan PPAS perubahan APBD 2016 pada pekan depan. Maka tentang perubahan struktur pendapatan dan belanja tahun anggaran 2016 akibat penundaan  DAU dan rasionalisasi anggaran belanja semua SKPD dan DAU mau dikembalikan lagi. Lebih komprehensif kata Haji Udin jika dibahas pada APBD-Perubahan saja oleh Banggar dan Pansus DPRD, karena lebih menyeluruh. Akan tetapi jika TPAD dalam hal ini Bappeda dan DPKAD lambat memasukkan dokumen APBD-Perubahan maka kita undang melalui komisi III saja. Akan tetapi saat ini sudah melewati batas waktu pembahasan. Salah satu penyebab DAU bisa kembali kata Haji Udin lagi, karena amnesti negara sudah masuk dan itu yang menutupi targat pemasukan pajak yang tidak tercapai tahun ini. (yan)

About uman