Home » Berita Utama » Berharap Kunjungan Wisatawan Dongkrak Sektor Penerbangan
Berharap Kunjungan Wisatawan Dongkrak Sektor Penerbangan
General Manager Branch Office Luwuk PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, I Made Supertama (tengah) ketika foto bersama wartawan koran ini di Bandara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk, pekan lalu.

Berharap Kunjungan Wisatawan Dongkrak Sektor Penerbangan

Tidak banyak warga kabupaten Banggai yang peduli terhadap potensi pariwisata di daerah ini. Padahal, potensi wisata bahari dan wisata alam bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Laporan: Steven Pontoh, Luwuk Post

POTENSI yang terabaikan itulah yang kemudian dilirik oleh I Made Supertama, General Manager Branch Office Luwuk PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Sejak ditugaskan di Luwuk tanggal 20 Januari 2015, Ia mengunjungi satu-persatu tempat wisata.
Mulai dari air terjun hingga sejumlah pantai dan pulau kecil, seperti air terjun Salodik dan air terjun Piala di kelurahan Hanga-Hanga, Kecamatan Luwuk yang lokasinya berjarak sekira 2 km dari pusat kota.  Ia juga mengunjungi pulau eksotis Potil Polisik di kabupaten Banggai Kepulauan.
Kunjungan ke sejumlah tempat itu ternyata tak hanya dinikmati sendiri. Pria kelahiran Bali ini membagikannya ke seluruh teman melalui media sosial (medsos) seperti; facebook, twitter, instagram dan path. Ia juga menulisnya dalam blog pribadi (www.supertama.com) kemudian kembali membagikannya ke medsos. Tak hanya itu, pria yang baru saja berbahagia karena anaknya telah berhasil menerbangkan burung besi itu, juga mengagumi keindahan alam kabupaten Banggai Kepulauan, Banggai Laut dan Tojo Una-una.
Perannya dalam mempromosikan sektor pariwisata daerah ini sangat diapresiasi banyak pihak. Itu terlihat dari sejumlah komentar netizen di laman facebook-nya. Banyak yang bangga, sebab Made Supertama bisa melakukan hal yang sedikit dilakukan orang.
Bukan hanya itu, Ia juga mendorong pemerintah agar giat mempromosikan potensi wisata daerah. Salah satunya melalui iven Garuda Indonesia Travel Fair 2016 yang direncanakan berlangsung di Trans Studio Mall, Makassar, 7-9 Oktober mendatang.
Melalui kegiatan itu, Pemda Banggai, kata dia, dapat mempromosikan berbagai objek wisata di daerah ini.“Potensi wisata, terutama wisata bahari di Kabupaten Banggai itu tiada dua di dunia. Sayang jika tidak dipromosikan melalui kegiatan ini,” tuturnya, Selasa (27/9).
Ia mengaku terus berupaya mengajak Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai maupun Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut dan Tojo Una-una untuk ikut serta dalam kegiatan yang akan diselenggarakan di 18 kota se Indonesia itu. Ia menjelaskan, GATF menawarkan paket program sponsorship dan kemitraan yang beragam. “Kami berharap pemerintah daerah memanfaatkan iven ini sebagai ajang untuk mempromosikan potensi wisata daerah,” kata pria kelahiran Karangasem, Bali, 9 April 1969 itu.
I Made Supertama mengatakan selain kecintaannya terhadap beragam lokasi wisata di daerah ini, Ia berharap kunjungan wisatawan bisa mendongkrak dunia penerbangan. Artinya, semakin banyak yang berkunjung ke daerah ini, maka semakin banyak pula penumpang maskapai penerbangan, termasuk penumpang Garuda Indonesia.(*)

About uman