Home » 2016 » October

Monthly Archives: October 2016

Warga Lobu Butuh Jembatan

LUWUK– Warga desa Balean dan Bahingin Kecamatan Lobu terkesan dianaktirikan pemerintah. Sejak zaman distrik hingga menjadi kecamatan baru, fasilitas infrastruktur jembatan belum pernah dibangun. Hal ini yang membuat anggota Komisi 2 DPRD Banggai, Nasir Himran miris dan mengkritisi pemerintah melalui dinas terkait. Ditemui di kantor dewan, Jumat (28/10) kemarin, aleg asal dapil III (include Kecamatan Bualemo) ini mengatakan, pembangunan jembatan ... Read More »

Perda Perlindungan Konsumen Diaspirasikan

LUWUK– Mulai maraknya keresahan konsumen terhadap keberadaan kolektor dari sejumlah perusahaan kredit di Kota Luwuk, sehingga lahir aspirasi adanya regulasi. DPRD Banggai diminta untuk melahirkan peraturan daerah (Perda) inisiatif terkait perlindungan konsumen. Salah seorang warga asal Kecamatan Batui yang bertandang di kantor DPRD Banggai, Jumat (28/10) kemarin mengatakan, banyak konsumen yang merasa dirugikan atas ulah sejumlah perusahaan kredit. Bahkan tidak ... Read More »

Proyek Gedung Korpri dan Dispenda Disorot

LUWUK– Proyek pembangunan gedung Korpri dan kantor Dinas Pendapatan (Dispenda) Kabupaten Banggai mendapat sorotan. Pekerjaan yang menelan anggaran Rp4,6 miliar lebih itu dinilai tidak sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB). Salah seorang aleg kepada Luwuk Post, Jumat (28/10) kemarin mengatakan, bila mengacu pada RAB, pondasi sumuran harusnya beton tulang k 275. Tapi oleh perusahaan yang mengerjakan proyek yang bersumber dari ... Read More »

Senin, Tiga Perda Disahkan

LUWUK- Pekan terakhir Oktober, kegiatan di DPRD Banggai terbilang padat. Jika pekan ini peraturan daerah (Perda) tentang organisasi pemerintah daerah (OPD) telah disahkan, rencananya Senin (31/10) pekan depan, tiga Perda sekaligus bakal ditetapkan lewat rapat paripurna. Ketiga regulasi itu yakni, tentang bangunan gedung, penyertaan modal PDAM Banggai dan Perda inisiatif DPRD tentang perlindungan petani. “Agenda kerja itu telah disepakati lewat ... Read More »

Asik Ngefox, Dua Bocah Ditangkap

LUWUK-Untuk yang kedua kalinya, Polsek Luwuk kembali mendapati dua orang anak di bawah umur berinisial I dan A, yang tengah menikmati aroma lem fox (ngefox). Keduanya ditangkap di tempat yang sama dengan penangkapan beberapa waktu lalu, yakni di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong, belakang Luwuk Shopping Mall (LSM), Kamis (27/10). “Saya kebetulan saja lewat, tiba-tiba lihat dua anak tengah ... Read More »

Legislatif Warning Eksekutif

LUWUK- Legislatif rupanya tersinggung dengan adanya asumsi hanya dijadikan tukang stempel oleh eksekutif. Makanya dalam menghadapi penetapan APBD tahun anggaran 2017, kalangan dewan mewarning eksekutif. Pengalaman buruk pada pembahasan APBD-Perubahan tahun anggaran 2016 tak ingin terulang kembali. Warning ini disampaikan Sekretaris Komisi 3 DPRD Banggai, Masnawati Muhammad kepada wartawan, Kamis (27/10) kemarin. Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, pada penetapan APBD ... Read More »

Kasus Pilkades Jayabakti Belum Rampung

LUWUK– Persoalan Pilkades Jayabakti Kecamatan Pagiman, yang sebelumnya diadukan lima bakal calon kepala desa (Balon Kades) yang tereliminasi, belum rampung. Penyelesaiannya masih menunggu proses verifikasi yang dilakukan tim panitia pilkades tingkat kabupaten. Anggota Komisi 1 DPRD Banggai, Lisa Sundari yang ditemui, Kamis (27/10) kemarin menjelaskan, pihaknya sudah turun lapangan dengan mengklarifikasi duduk persoalan kepada panitia pilkades Jayabakti. “Kita sudah mengantongi ... Read More »

Forkades se-Kabupaten Banggai segera Dibentuk

LUWUK– Forum kepala desa (Forkades) se-Kabupaten Banggai segera dibentuk. Rencananya, pengukuhan Forkades yang berpersonilkan 291 Kades itu akan dilaksanakan pasca pelaksanaan pilkades serentak 14 November mendatang. Penginisiatif Forkades se-Kabupaten Banggai, Sumitro Aliwu yang juga Kades Tontouan, bertempat di kantor DPRD Banggai, Kamis (27/10) kemarin mengatakan, ada beberapa out put yang ingin dicapai dengan dibentuknya forum itu. Selain sebagai wadah silahturahim ... Read More »

Wanto Ngotot DAK Timpang

LUWUK-Anggota Fraksi Partai Golkar, Irwanto Kulap, kukuh menyoal pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK). Baginya distribusi anggaran pembangunan yang bersumber dari tambahan DAK senilai Rp 70 miliar itu tetap timpang.  Wanto bahkan tidak lagi mengurai per daerah pemilihan, tapi alokasi per kecamatan. Ia mencatat dari 23 kecamatan se-Kabupaten Banggai, hanya 6 kecamatan mendapatkan alokasi, 17 kecamatan lainnya tidak tersentuh. Dengan data ... Read More »

Pengisian Jabatan, Pemda Bentuk Pansel

LUWUK– Pemda Banggai bergerak cepat menyusul pengesahan peraturan daerah (Perda) tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah, melalui rapat paripurna di DPRD Banggai, Kamis (27/10). Dalam melakukan pengisian jabatan terhadap 32 SKPD dilingkup Pemda Banggai, Bupati dan Wakil Bupati Banggai Herwin Yatim dan Mustar Labolo segera membentuk panitia seleksi (Pansel). “Insya Allah bulan depan Pansel pengisian jabatan dibentuk dan langsung kerja,” ... Read More »