Home » Torang p Sekolah » Anggaran KIP Tembus Angka 1 M
Anggaran KIP Tembus Angka 1 M
Dr. Tasman Malusa

Anggaran KIP Tembus Angka 1 M

LUWUK– Meskipun banyak yang menyesali tentang penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang dinilai tidak tepat sasaran, tapi untuk tahun 2016 anggaran yang dikucurkan untuk KIP menembus angka Rp. 1 M. Data yang diberikan oleh Operator Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, pada tahap satu dan dua penyaluran anggaran, ada 2579 anak yang menerima dana KIP, dengan total dana yang dipakai sebesar Rp. 1.068.750.000.
Sedangkan untuk tahap tiga dan empat, anak-anak yang menerima merupakan usulan dari DPRD Kabupaten Banggai sehingga data anggaran yang dikerjakan tidak dikantongi oleh operator, sedang pada tahap kelima ada 793 anak yang menerima KIP dengan anggaran sebesar Rp. 561 juta. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tasman Malusa, mengatakan dana KIP langsung diambil di bank yang telah diberikan wewenang. “Bagi yang jauh dari bank, bisa diberikan kuasa kepada kepala sekolah untuk menerima bantuan,” ujarnya.
Dalam setahun ada 11 tahapan penyaluran KIP. Anak yang telah menerima bantuan KIP pada tahapan sebelumnya tidak akan menerima bantuan pada tahapan selanjutnya. Untuk jumlah pasti berapa siswa yang mendapatkan KIP, pihak Dinas belum bisa mengonfirmasikan karena data penerima KIP berdasarkan data dari Dapodik siswa, dan pihak Dikbud tidak dapat mengaksesnya. Dikbud hanya bisa melihat jumlah anak yang menerima setiap tahapan, berdasarkan SK yang dikirimkan pusat. Yang jelas, untuk tahun 2015 ada 9.414 anak yang menerima bantuan KIP dengan total anggaran Rp. 5.501.250.500. (kha)

About uman