Home » Torang p Sekolah » Penyebaran Guru Masih Jadi PR
Penyebaran Guru Masih Jadi PR
Tasrik Djibran

Penyebaran Guru Masih Jadi PR

LUWUK – Penyebaran guru yang tak merata di Kabupaten Banggai, masih menjadi PR buat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai. Hal ini diamini Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai Tasrik, Djibran, atas permasalahan tidak seimbangnya penyebaran guru antara daerah perkotaan dan pelosok daerah.
Sebelum menuntaskan permasalahan yang telah lama berada di tubuh Dikbud, terlebih dahulu Tasrik Djibran mengakui ingin memperbaiki disiplin birokrasi dalam tubuh Dikbud. Seminggu duduk sebagai Plt Kadis Dikbud, ia mengatakan mempunyai langkah taktis untuk meminimalisir tidak meratanya penyebaran guru yang ada di Kabupaten Banggai. Salah satunya adalah dengan melakukan penataan dan pengkajian jumlah guru dan jumlah rombongan belajar agar bisa mengetahui kebutuhan guru dalam satu sekolah. “Saya baru duduk seminggu di sini. Nanti lihat kinerja saya dalam setahun, akan ada banyak perubahan,” ungkapnya meyakinkan, kemarin (26/9).
Selain itu, ia dengan tegas mengatakan akan menindak tegas bagi sekolah atau guru yang melakukan pungutan dalam dan alasan apapun, meski melalui persetujuan komite sekolah. Bagi guru yang kedapatan melakukan hal itu, maka akan ada tindakan tegas dari Dikbud. “Tidak ada tawar menawar, pungutan dalam bentuk apapun tidak dibenarkan,” tegasnya. (kha)

About uman