Home » Metro Luwuk » Pemda Banggai tak Perlu Galau
Pemda Banggai tak Perlu Galau
Bachtiar Pasman

Pemda Banggai tak Perlu Galau

LUWUK– Sekretaris Komisi I DPRD Banggai, Bachtiar Pasman menyarankan agar Pemda Banggai tidak galau, terkait dana alokasi umum (DAU) tahun anggaran 2016. Sebab anggaran Rp158 miliar yang bersumber dari DAU itu bukanlah pemangkasan, melainkan dananya dipinjam oleh pemerintah pusat.
“Makna kata pinjam berarti akan dikembalikan. Saya sarankan Pemda Banggai tidak perlu galau dengan kondisi keungan daerah yang terjadi saat ini,” kata Bachtiar yang ditemui di kantor dewan, Senin (26/9).
Pernyataan Bachtiar ini terobsesi dengan statemen Dirjen Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan RI, Anwar Syahdat pada saat pertemuan bersama Pemda Banggai di Hotel Estrella, Kamis pekan lalu.
“Saya kira cukup jelas pernyataan orang pusat itu bahwa bukanlah pemangkasan DAU, melainkan dipinjam oleh pemerintah pusat,” jelas politisi PKB ini. Langkah kongkrit yang harus dilakukan pemerintah sambung aleg dapil I ini, segera menggelar rapat koordinasi bersama seluruh instansi yang berkompoten, untuk membahas apa yang akan dilaksanakan kedepan, ketika DAU sebesar Rp158 miliar itu dikembalikan dari pemerintah kepada Kabupaten Banggai.
Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Banggai Masnawati Muhammad mengaku, komisi yang membidangi masalah perekonomian itu telah berkonsultasi pada pemerintah pusat. Hasil konsultasi tidak ada jaminan dari pemerintah pusat untuk mengembalikan DAU yang telah terpangkas itu. “Saat kami konsultasi, tak ada garansi dari pemerintah pusat,” kata Masnawati. (yan)

About uman