Home » Torang p Sekolah » Tak Lulus Sertifikasi, Tak Perlu Khawatir
Tak Lulus Sertifikasi, Tak Perlu Khawatir
Tasman Malusa

Tak Lulus Sertifikasi, Tak Perlu Khawatir

LUWUK– Untuk bisa lulus sertifikasi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), memang harus berusaha lebih giat. Pasalnya, tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan menaikkan nilai minimal atau passing grade kelulusan ujian PLPG. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan itu mencapai dua kali lipat. Dari 100 poin minimal, peserta ujian sertifikasi harus bisa mencapai nilai 80, angka ini lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.
Dengan kenaikan angka, kelulusan ujian sertifikasi guru semakin sulit. Namun jangan khawatir, sebab pemerintah pusat telah memberikan keringanan kepada guru-guru yang tidak lulus sertifikasi  dengan mengikuti kembali ujian sertifikasi sebanyak 4 kali dalam setahun. Hal itu diamini oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, Tasman Malusa. Sebelumnya pada pertemuan pada bulan Mei 2016 di Manado pertemuan antara Kemendikbud dan Perguruan Tinggi pelaksana ujian sertifikasi, para guru diberikan kesempatan tiga kali untuk ikut ujian PLPG. “Tentu saja aturan baru itu sangat memudahkan para guru untuk ikut ujian sertifikasi,” ungkapnya, Kamis (22/9).
Meningkatnya standar kelulusan PLPG tentu diharapkan dapat dijadikan perbedaan kualitas guru yang sudah sertifikasi dan yang belum tersertifikasi. (kha)

About uman