Home » Berita Utama » Farid Seriusi Program Unismuh Mendidik
Farid Seriusi Program Unismuh Mendidik
Farid Haluti

Farid Seriusi Program Unismuh Mendidik

LUWUK—Universitas Muhammadiyah Luwuk ingin membantu pemerintah daerah dalam peningkatan sumber daya manusia. Tidak hanya melalui penyelenggaraan perkuliahan di kampus hijau itu, tapi, juga merumuskan program pendidikan untuk masyarakat di luar kampus. Program Unismuh Mendidik akan dilaksanakan mulai tahun ini.
Rektor Universitas Muhammadiyah Luwuk, Farid Haluti, kepada Luwuk Post, menyatakan, Unismuh mendidik merupakan gerakan moral meningkatkan mutu pendidikan dan mengangkat indeks pembangunan manusia. Gerakan moral itu nantinya akan bertumpu pada tiga kegiatan. Pertama, Unismuh Luwuk akan menghimpun sarjana pendidikan yang siap secara sukarela membantu masyarakat desa tertinggal. Dalam hal ini, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan relawan oke dan pengajar muda Indonesia Mengajar.  Kedua, pihaknya akan menempatkan mahasiswa magang secara kontinu di desa desa terpencil, sehingga dapat membantu warga setempat di bidang pendidikan. Ketiga,  Unismuh Luwuk akan memberikan beasiswa untuk mahasiswa dari desa terpencil. Misalnya, Desa Baloa Doda, Uwemea, dan mahasiswa dari desa desa terpencil lainnya di kepulauan poat.
Syaratnya, kata dia, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa program Unismuh Mendidik harus bersedia kembali ke desanya dan mengabdikan diri memajukan pendidikan. “Program ini juga akan kami sinergikan dengan pemerintah daerah. Minimal mahasiswa dari desa terpencil yang mendapatkan beasiswa Unismuh bisa kembali ke desanya mengabdi sebagai honorer maupun guru PNS,” katanya. (ris)

About uman