Home » Kampus » Rektor Buka Rangkaian Pembekalan Magang
Rektor Buka Rangkaian Pembekalan Magang
Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Farid Haluti, memberikan materi Strategi Belajar Mengajar di pembekalan mahasiswa Magang III FKIP, Senin (19/9).

Rektor Buka Rangkaian Pembekalan Magang

LUWUK-Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Farid Haluti, resmi membuka rangkaian pembekalan mahasiswa Magang III yang diikuti oleh 46 mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani dan Rekreasi (Penjaskesrek) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di ruang pasca sarjana, Senin (19/9) kemarin.
Sebelum membuka secara resmi pembekalan Magang III tersebut, Rektor Unismuh Luwuk, Farid Haluti dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Magang III merupakan mata kuliah penutup dari semua mata kuliah yang ada di program studi Penjaskesrek.
Menurutnya, Magang III merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengukur kualitas diri untuk menjadi seorang  guru yang profesional. Sehingga, ia meminta kepada panitia dan seluruh dosen penanggung jawab nantinya dapat selektif dalam menyaring mahasiswa yang pantas diluluskan atau yang tidak pantas untuk diluluskan. “Kalau tidak memenuhi syarat indikator kelulusan, maka jangan diluluskan. Karena ini berbicara tentang kualitas mahasiswa sebagai calon pendidik nantinya,” jelaasnya.
Sementara itu, Dekan FKIP Unismuh Luwuk, Agung K. Djibran, mengungkapkan Magang III awalnya lebih dikenal dengan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang kemudian disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Sebelum melakukan Magang III, mahasiswa dalam tahapannya terlebih dahulu melalui Magang I, di mana mahasiswa melakukan observasi di sekolah, dan Magang II, di mana mahasiswa mulai melakukan penyusunan perangkat pembelajaran, baik silabus, RPP, dan sebagainya. “Nah, di Magang III ini, merupakan rangkuman dari Magang I dan Magang II, yang langsung diaplikasikan mahasiswa sebagai asisten guru melalui proses belajar mengajar di sekolah,” jelasnya.
Ia berharap, dalam pelaksanaan Magang III nanti mahasiswa bisa menjaga kredibilitas mereka sebagai mahasiswa FKIP Unismuh Luwuk. Selain itu, Sekertaris Panitia Magang III, Martono, menjelaskan kegiatan Magang III akan berjalan selama tiga bulan, dimulai pada tanggal 21 September sampai dengan 21 Desember nanti. Sementara penempatan mahasiswa akan disebar di tiga kabupaten, masing-masing Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Laut, dan Kabupaten Banggai Kepulauan. “46 mahasiswa yang terdiri dari 2 perempuan dan 44 laki-laki ini akan ditempatkan di 19 sekolah yang ada di tiga kabupaten itu. Sementara ini, kami sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama di masing-masing kabupaten,” jelasnya.
Menurutnya, 19 sekolah yang menjadi basis pelaksanaan Magang III mahasiswa ini terdiri dari SMA sederajat dan SMP sederajat. Dalam pembagiannya, rata-rata sekolah dimungkinkan bisa dimasuki lebih dari tiga orang mahasiswa. “Untuk selanjutnya, kami masih akan melakukan rapat tentang pembagian-pembagian itu. Yang pasti setelah pembekalan mahasiswa selama dua hari ini, mahasiswa akan langsung dilepas secara resmi oleh Rektor Unismuh Luwuk,” jelasnya. (and)

About uman