Home » Kampus » Penelitian Sembilan Dosen Pemula Masuk Tahap Akhir
Penelitian Sembilan Dosen Pemula Masuk Tahap Akhir
Sri Sukari Agustina

Penelitian Sembilan Dosen Pemula Masuk Tahap Akhir

LUWUK-Setelah melakukan penelitian selama enam bulan terakhir, penelitian sembilan dosen pemula yang didanai langsung oleh universitas melalui Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, telah memasuki tahap akhir.
“Iya, waktu penelitian sembilan dosen yang didanai oleh universitas itu dibatasi selama enam bulan. Saat ini, mereka sudah masuk di laporan akhir. Dari sembilan dosen peneliti itu, baru sebagian dosen peneliti yang memasukkan laporan akhirnya,” ungkap Ketua LP3M Unismuh Luwuk, Sri Sukari Agustina, Senin (19/9).
Selanjutnya, tambah Sri, hasil penelitian seluruh dosen akan melakukan publikasi ilmiah yang nantinya akan dimasukkan dalam jurnal yang terakreditasi. Menurutnya, hal itu sangat penting untuk mendongkrak seluruh aspek, salah satunya adalah poin akreditas universitas, fakultas, dan program studi.
“Jika penelitiannya tidak dibuat publikasi ilmiah dan dimasukkan dalam jurnal, kemungkinan penelitian dosen yang bersangkutan ke depannya tidak akan didanai lagi,” pungkasnya.
Selain penelitian sembilan dosen pemula tersebut, lanjut Sri, saat ini masih terdapat empat penelitian dosen pemula yang sementara berjalan dan didanai langsung oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Berbeda dengan penelitian sembilan dosen yang didanai oleh universitas, penelitian empat dosen yang didanai oleh Kemenristekdikti ini diberikan waktu lebih panjang, yakni selama satu tahun.
“Iya, kan sebelumnya seluruh proposal penelitian yang ada itu diserahkan pada Kemenristekdikti. Proposal yang lolos itu ada empat. Sementara proposal yang tidak lolos itu ada 13 yang kemudian didanai oleh universitas,” jelasnya. (and)

About uman