Home » Kampus » Pemilihan Dekan Serentak
Pemilihan Dekan Serentak
Farid Haluti

Pemilihan Dekan Serentak

LUWUK-Pemilihan dekan serentak di Universitas Muhammadiyah  (Unismuh) Luwuk, akan dilakukan pada bulan Desember 2016 mendatang. Meski terbilang masing cukup lama, Rektor Unismuh Luwuk, Farid Haluti, berharap seluruh fakultas, masing-masing Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Perikanan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Agama Islam, sudah harus melakukan tahapan penjaringan pada bulan Oktober mendatang.
“Paling tidak di semua fakultas terkecuali Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), bulan depan (Oktober,red) sudah harus melakukan penjaringan calon dekan,” ungkapnya beberapa waktu lalu.
Menanggapi hal tersebut, salah seorang dosen FISP, Sahrai Sibay, mengaku wajar jika proses penjaringan calon dekan di fakultas mulai dilakukan. Menurutnya, tahapan pemilihan dekan fakultas akan memakan waktu cukup lama, hingga pada penetapan dekan terpilih nantinya. “Saya sependapat dengan itu. Artinya, tahapan itu memang sudah harus dilakukan,” jelasnya.
Lepas dari itu, sebelumnya Rektor Unismuh Luwuk, Farid Haluti, mengungkapkan beberapa syarat penting yang harus dipenuhi dalam pemilihan dekan fakultas ke depan. Di antaranya adalah, calon dekan tentunya harus memiliki jenjang akademis minimal S2. Selain itu, jabatan fungsional dosen juga tak kalah penting, di mana calon dekan harus memiliki jabatan fungsional minimal asisten ahli.
“Hal yang pokok adalah, calon dekan harus memiliki kartu anggota Muhammadiyah. Sebab dia (dekan) akan bertugas di amal usaha Muhammadiyah (Unismuh Luwuk). Kalau bukan sebagai anggota Muhammadiyah itu bagaimana? Dan juga, ketika PWM melakukan Fit and Proper Test yang ditanyakan duluan itu adalah kartu anggota Muhammadiyahnya,” ungkap rektor dua periode itu. (and)

About uman