Home » Politik » Pemda Cairkan Dana Pembinaan Parpol
Pemda Cairkan Dana Pembinaan Parpol
Hardy Najoan

Pemda Cairkan Dana Pembinaan Parpol

LUWUK– Pemda Banggai telah mentunaikan kewajibannya kepada partai politik (parpol) yang memiliki kursi di parlemen. Jika belum lama ini, empat parpol telah menikmati dana pembinaan, kedepan tiga parpol segera menyusul. Sementara dua parpol lainnya masih dalam proses pemasukkan proposal.
Kasubid Belanja Tidak Langsung dan Pembiyaan Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banggai, Hardy Najoan Senin (19/9) kemarin mengatakan, sebelum lebaran Idul Adha lalu, empat parpol telah menerima dana pembinaan. Keempat parpol itu kata Ahok sapaan akrab Hardy Najoan ini, PDI-Perjuangan, Partai Golkar, PAN dan NasDem.
Tiga parpol yakni PKB, Demokrat dan Partai Gerindra tambah dia, kemungkinan besok (hari ini) sudah ditransfer pada rekening parpol masing-masing. “Ketiga parpol ini sudah masuk pada tahapan pencairan,” jelas Hardy.
Bagaimana dengan PKS dan Partai Hanura? Dia kembali menjelaskan, kedua parpol itu baru memasukkan proposalnya. Dia memprediksi, pekan ini juga PKS dan Hanura segera menikmati dana pembinaan parpol dari Pemda Banggai tersebut. “Insya Allah minggu ini juga dana pembinaan kedua parpol itu cair,” kata pria mualaf ini.
Hardy sedikit menjelaskan tentang mekanismenya. Pencairan dilakukan BPKAD Banggai setelah mengantongi berita acara verifikasi kelengkapan parpol tentang penerimaan bantuan keuangan yang dibuat tim verifikasi yang leading sektornya ada pada Kesbangpol Kabupaten Banggai. Syarat pencairan lainnya yakni laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari BPK RI Sulteng terhadap penggunaan dana pembinaan parpol tahun anggaran 2015. (yan)

About uman