Home » Politik » Realisasi Sultim Butuh Kekompakan 6 Daerah
Realisasi Sultim Butuh Kekompakan 6 Daerah
Sutrisno K. Djawa

Realisasi Sultim Butuh Kekompakan 6 Daerah

LUWUK — Akademisi Universitas Muhammadiyah Luwuk, Sutrisno K Djawa menegaskan, realisasi Sultim membutuhkan kekompakan 6 daerah yang tergabung di dalamnya. Hal itu bertujuan untuk mendorong percepatan berdirinya DOB pemekaran dari provinsi Sulteng tersebut yang tahap perjuangannya kini berada ditingkat pemerintah pusat.
“Proses perjuangannya  memang telah naik ke tingkat pemerintah pusat yang artinya mendekati realisasi. Tapi bukan berarti tak lagi membutuhkan perjuangan, terutama sokongan dana,” katanya pekan lalu.
Apalagi tak dapat dipastikan apakah forum pejuang Sultim memiliki anggaran yang cukup untuk membiayai seluruh tahapan aspitasi politik masyarakat Sultim tersebut. Mengingat Sultim adalah kebutuhan bersama, untuk itu menurutnya, perlu ada kesepakatan untuk mendobrak percepatan berdirinya Sultim definitif, terutama dari sisi angggaran.
“Selain pemerintah daerah, karena ini perjuangan politik maka juga diperlukan peran mesin politik parpol khususnya koordinasi antar kader daerah dengan elit politisi yang duduk di DPR RI,” terang wakil rektor II ini.
Sementara itu, pengamat politik Unismuh, Kisman Karinda menuturkan, keinginan masyarakat terhadap Sultim bukan lagi didasari kepentingan atau keinginan semata, tetapi telah menjadi kebutuhan bersama. Olehnya, persatuan oleh seluruh elemen rakyat Sultim sangat membantu untuk menangkal segala bentuk pergerakan dari berbagai pihak yang menolak terbentuknya Sultim.
“Kalau ingin, kita harus bersama. Eratkan persatuan dan jangan mudah termakan dengan isu yang tak jelas dasarnya. Gangguan yang selama ini muncul hanya ingin menimbulkan peta konflik diinternal masyarakat Sultim yang sesungguhnya telah menyatukan segala bentuk pendapat,” pungkasnya.(man)

About uman