Home » Berita Utama » Lepas Pawai di Luwuk, Salat Ied di Batui
Lepas Pawai di Luwuk, Salat Ied di Batui
Bupati Banggai Herwin Yatim melepas peserta pawai takbiran Idul Adha 1437 Hijriah di pelataran Masjid Agung An-Nur Luwuk, Senin (12/9) malam. Pelepasan itu juga dihadiri Wakil Bupati Mustar Labolo.

Lepas Pawai di Luwuk, Salat Ied di Batui

LUWUK-Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim melepas pawai takbiran Idul Adha 1437 Hijriah bertempat di pelataran Masjid Agung An-Nur, Senin (12/9) malam. Pelepasan ratusan kendaraan roda empat plus roda dua itu juga dihadiri Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo, unsur Forkopimda dan beberapa Kepala SKPD dilingkup Pemda Banggai.
“Ini bagian dari syiar Islam. Saya harap pawai takbiran ini dapat dilaksanakan dengan khusyu serta terus pelihara kebersamaan sesama Muslim,” imbau Herwin dalam sambutannya. Pawai takbiran dimaknai sebagai wadah memuji kebesaran Allah SWT. Karena itu, kata dia, jangan hanya dijadikan sebagai ajang hura-hura semata.
Herwin juga mengatakan, akan menjadi program pemerintahannya, setiap Idul Adha akan melaksanakan salat ied di kecamatan. “Jika Idul Fitri saya dan wabup salat di Masjid Agung, tapi untuk Idul Adha kami akan salat di kecamatan. Kali ini agenda kami di Kecamatan Batui,” kata Herwin.
Sekalipun jumlah peserta pawai takbiran lebih banyak disaat Idul Fitri lalu, namun panitia tetap disibukkan dalam mengatur peserta takbiran. Beberapa kendaraan truk terpaksa ditahan sementara, menyusul daya angkut peserta takbiran melebihi kapasitas. Begitu juga dengan kendaraan roda dua. Demi kelancaran pawai takbiran, sejumlah polisi patroli motor (Patmor) melakukan pengawalan.
Sementara itu, khatib salat Ied dipercayakan kepada DR. Drs. H. Muhadam Labolo, AMP, M.Si yang juga Dosen Pasca Sarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jakarta. Adik kandung Wabup Banggai, Mustar Labolo memilih judul khutbahnya, pengorbanan sebagai nilai integritas, membangun generasi berkualitas dan kepekaan terhadap lingkungan hidup. Sedang imam adalah H. Jazuli Djamaludin, imam Masjid Agung An-Nur Luwuk. (yan)

About uman