Home » Kampus » Fakultas Ekonomi Primadona di Banggai
Fakultas Ekonomi Primadona di Banggai
Muh. Gifari Sono

Fakultas Ekonomi Primadona di Banggai

LUWUK-Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru, khususnya yang berada di daerah Kabupaten Banggai. Terbukti, hampir tiga tahun terakhir Fakultas Ekonomi yang ada di dua perguruan tinggi, seperti Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, dan Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, mampu meraup lebih dari 300 mahasiswa setiap tahunnya. Jumlah tersebut terlampau jauh, jika dibandingkan dengan fakultas-fakultas lain.
Banyaknya  jumlah mahasiswa baru setiap tahun, menjadikan Fakultas Ekonomi sebagai fakultas primadona di Kabupaten Banggai. Predikat tersebut cukup pantas, sebab di tahun ini Fakultas Ekonomi kembali membuktikan keunggulannya di Unismuh Luwuk dan Untika Luwuk, sebagai fakultas yang menyumbangkan mahasiswa baru terbanyak.
Hal tersebut tentunya memiliki berbagai macam alasan. Menurut salah seorang Maba Unismuh Luwuk, Suriani, Fakultas Ekonomi bisa menjadi batu loncatan mereka untuk bisa mengurus dunia bisnis, hingga dapat membuka lapangan kerja bagi banyak orang di kemudian hari.
Berbeda dengan Suriani, Maba Falkultas Ekonomi Untika, Aryanto, lebih memilih kuliah di Fakultas Ekonomi karena faktor peluang kerja. Menurutnya, sarjana ekonomi meiliki peluang kerja lebih besar jika dibandingkan dengan sarjana fakultas lain.
Sementara itu, Wakil Rektor I Unismuh Luwuk, Muh. Gifari Sono, mengungkapkan, setiap fakultas pada dasarnya baik bagi calon mahasiswa baru.
“Semua fakultas itu sama saja. Dengan banyaknya mahasiswa baru yang masuk di Fakultas Ekonomi, bisa jadi itu karena Fakultas Ekonomi bersifat umum. Artinya, sarjana ekonomi bisa ditempatkan di mana saja, jika dibandingkan dengan fakultas kejuruan lainnya. Namun meski begitu, sebagian mahasiswa Fakultas Ekonomi juga masih banyak yang hanya sekadar ikut-ikutan,” jelasnya. (and)

About uman