Home » Torang p Sekolah » Ekstrakurikuler Penting bagi Peserta Didik
Ekstrakurikuler Penting bagi Peserta Didik
Suhartini Salingkat

Ekstrakurikuler Penting bagi Peserta Didik

LUWUK – Zaman semakin edan, kasus pencabulan makin marak terjadi di kalangan pelajar. Tidak hanya di kota besar saja, di kota sekelas Luwuk Banggai pun banyak terdapat kasus pencabulan. Mirisnya, korban masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Memandang hal ini, akademisi yang juga Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Untika, Suhartini Salingkat, menilai peran internet dalam kehidupan peserta didik banyak membawa pengaruh.
Internet, lanjutnya, membawa dampak positif dan negatif, hal tersebut bisa saja disalah gunakan oleh siswa jika kurang pengawasan dari orang tua. Untuk itu, Suhartini menilai peserta didik memang harus dilibatkan dalam kegiatan ekstrakuriler. Baginya, kegiatan positif bisa mengalihkan siswa dari kegiatan yang merusak moral.
Selain aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik juga harus mendapatkan pendidikan karakter, baik di sekolah maupun di rumah. Baginya, anak-anak harus disibukkan dari hal-hal yang bermuatan negatif. Peran serta guru juga sangat diperlukan untuk bisa mengawasi kegiatan siswa. “Mohon maaf, kadang kala kita sebagai pendidik dalam kelas hanya terpusat pada pemberian materi saja, padahal kita lupa sebagai pendidik kita tidak hanya harus mentransfer ilmu saja, tapi juga harus mendidik,” jelasnya, Selasa (13/9).
Sebagai seorang akademisi, ia pun merasakan adanya pergeseran nilai di kalangan pelajar. Siswa sekarang tidak lagi seperti dulu, di mana guru sangat dihormati. Ia juga setuju dengan adanya Full Day School, asalkan siswa tidak hanya dicekoki dengan ilmu pengetahuan dan ilmu pasti saja, melainkan diisi dengan pengembangan diri dan pendidikan karater untuk membentuk moral anak. “Saya juga berharap K-13 yang di dalamnya sudah masuk pendidikan karakter, semoga bisa diterapkan dengan baik sehingga dengan demikian bisa mengatasi dan mengurangi hal-hal negatif  dari peserta didik,” tutupnya. (kha)

About uman