Home » Berita Utama » Irianto-Hesmon Rebut Rekomendasi PAN
Irianto-Hesmon Rebut Rekomendasi PAN
SK rekomendasi DPP PAN kepada Irianto Malingong dan Hesmon Pandili sebagai kandidat usungan di pilkada Bangkep ramai diperbincangkan di medis sosial, Jumat (9/9). Anehnya, ketika dikonfirmasi Ketua DPW PAN Sulteng, Oskar Paudi mengaku belum mengetahuinya.

Irianto-Hesmon Rebut Rekomendasi PAN

LUWUK — Perahu Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya berpenghuni.  Hal itu menyusul keberhasilan pasangan Irianto Malingong dan Hesmon Pandili menjawarai perburuan tiket pilkada Bangkep diinternal partai matahari terbit.
Melalui SK DPP Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/77/IX/2016  yang ditandatangani Ketua Umum Zulkifli Hasan serta Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno tertanggal 8 September 2016, PAN menetapkan Irianto dan Hesmon sebagai balon bupati/wakil bupati usungannya.
Anehnya, saat dikonfirmasi, Ketua DPW PAN Sulteng, Oskar R Paudi mengaku belum mengetahui keputusan tersebut. “Saya belum tahu soal itu,” katanya singkat, Jumat (9/9).
Saat dihubungi telepon genggam, Plt Ketua PAN Bangkep, Kristanto Apit bernomor 08525693xxxx dalam keadaan tidak aktif.
Lain halnya balon wakil bupati Hesmon Pandili. Politikus partai Nasdem iniu mengakui bahwa dia dan Irianto Malingong telah resmi diusung PAN. Bahkan, lanjut dia, SK rekomendasi telah beredar luas di media sosial.
“Iya, alhamdulillah resmi diusung. Pokoknya apa yang terlihat di facebook seperti itulah sikap DPP PAN yang tertuang melalui SK rekomendasi,” kata Hesmon, Jumat kemarin.
Dia menyampaikan, PAN merupakan parpol ketiga yang mengeluarkan rekomendasi setelah partai Nasdem dan PPP. Dengan komposisi tersebut maka dipastikan dukungan minimal kursi parpol sebagai syarat bertarung di pilkada Bangkep telah terpenuhi berkat suplai 5 kursi PAN, 2 kursi Nasdem ditambah 1 kursi PPP. “Jadi totalnya 8 kursi. Dengan begitu maka syarat minimal dukungan 5 kursi telah terpenuhi,” tutur anggota DPRD Bangkep 3 periode ini.
Kendati begitu, kata Hesmon, pihaknya masih mengincar sejumlah parpol tambahan. Hanya saja, sejauh ini belum ada kepastian mengenai realisasi sikap partai.
Menurutnya, terdapat beberapa faktor yang kemudian dijadikan parpol dalam menentukan sikap. Selain komitmen serta persyaratan administrasi lainnya, hasil survei adalah yang paling menentukan.
“Tujuan paprol mengusung adalah untuk merebut kemenangan. Bagaimana melihat potensi kemenangan, jawabannya adalah survei. Untuk survei kami (Irianto-Hesmon,Red) berhasil menempati posisi teratas versi Indobarometer dengan persentase 35 persen,” jelas Hesmon.
Karena itu Hesmon optimistis akan mampu meraih kemenangan di pentas politik akbar nanti. Apalagi, dukungan delapan kursi membuatnya kian pede menjajaki ring politik pilkada.
“Insya Allah saya pede dan optimistis menang. Bukannya takabur, tapi untuk ide terkait program kerja saya dan pak Irianto paham betul dengan kondisi daerah. Memasuki periode ke empat di DPRD saya juga sudah kenal siapa dan bagaimana gaya kepemimpinan pak Irianto. Jadi tidak perlu mengumbar banyak janji untuk memang karena kami sudah tahu apa yang dibutuhkan rakyat serta apa yang nantinya harus dikerjakan di Bangkep,” pungkasnya.(man)

About uman