Home » Berita Utama » Waspadai Obat Kadaluwarsa
Waspadai Obat Kadaluwarsa
Warga perlu mewaspadai dan mengamati obat-obatan yang dijual di apotik. Pasalnya, akhir akhir ini banyak obat yang dijual yang telah memasuki masa kadaluarsa.

Waspadai Obat Kadaluwarsa

LUWUK-Warga Kabupaten Banggai perlu mewaspadai dan teliti saat ingin membeli obat yang menggunakan resep dokter ataupun tidak. Pasalnya, di sejumlah apotik dalam kota Luwuk masih terjual obat yang telah kadaluwarsa.
Seperti yang dialami oleh Ita, salah satu warga Kelurahan Simpong. Meski harga obat tersebut murah namun yang bersangkutan merasa kecewa karena obat cair tersebut telah kadaluwarsa. “Bersyukur karena obat ini belum sempat diminum oleh ponakan saya, “ jelasnya pada Luwuk Post.
Amatan koran ini, obat untuk anak-anak ini telah memasuki masa kadaluarsa pada September 2016. Anehnya, pengelola apotik tetap memberikan obat tersebut pada pembeli tanpa memerdulikan masa kadaluarsa.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai dr Anang Otoluwa saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya selalu melakukan inspeksi terhadap seluruh apotik, termasuk mengecek obat-obatan yang telah kadaluarsa untuk tidak dijual. “Saya sudah menginstruksikan agar BPOM selalu melakukan evaluasi,” jelasnya, Kamis (8/9).
Saat melihat obat yang dibeli warga Simpong itu, Anang membenarkan obat yang dibeli tersebut telah memasuki masa kadaluarsa. Kadinkes mengambil obat tersebut untuk ditindaklanjuti oleh tim yang berwenang di SKPD yang dipimpinnya tersebut. “Saya ambil obatnya untuk segera ditindaklanjuti. Biasanya pengelola apotik  saat inspeksi obat yang sudah mau kadaluarsa sengaja disembunyikan, setelah itu dijual kembali,” tutur dr Anang. (bd)

About uman