Home » Metro Luwuk » Dataran Kamumu Alternatif Perkantoran Sultim
Dataran Kamumu Alternatif Perkantoran Sultim
Suhartono Sahido

Dataran Kamumu Alternatif Perkantoran Sultim

LUWUK– Selain di kawasan Halimun Kecamatan Luwuk Selatan, sejumlah lokasi di desa Kamumu Kecamatan Luwuk Utara bisa menjadi alternatif perkantoran Provinsi Sulawesi Timur (Sultim). Secara demografis, wilayah itu memiliki letak yang cukup strategis untuk dijadikan pusat pemerintahan.
Aktivis Kota Luwuk, Suhartono Sahido kepada Luwuk Post mengatakan, selain lahan di desa Kamumu cukup luas juga hawa pegunungannya sejuk. Begitu pula sumber mata air Salodik yang berlimpah serta yang tidak kalah refresentatif lagi adalah jalur koordinasi transportasi antar kabupaten sangat mendukung.
Bahkan sambung mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Banggai ini, jika kedepan dijadikan kawasan perkantoran Sultim, maka ruas jalan Kamumu-Biak dapat dibuka kembali, yang tentu saja lebar jalannya dapat diperluas untuk akses ke komplek perkantoran. “Kedepan juga jalur segitiga Kamumu-Bukit Keles menuju kota Luwuk bisa dikembangkan,” kata Suhartono.
Mesih menurut Suhartono, selain pengembangan kota juga banyak potensi di wilayah itu, diantaranya pariwisata panorama alam. Dengan pengembangan itu, maka bisa menjadikan ibu kota Sultim paling menyenangkan sebagai ibu kota pertumbuhan ekonomi yang signifikan.
Bagaimana dengan kawasan Halimun, yang sebelumnya telah dikunjungi Pemda Banggai bersama Komisi I DPRD Sulteng, belum lama ini. Suhartono kembali memberi argumen. Kata dia, dalam perspektif visioner pengembangan sebuah kota ideal lokasi bukit halimun bisa dipersiapkan untuk perkantoran kota administratif Luwuk. Dia mencontohkan pada Kabupaten Donggala. Dulunya ibu kota Kabupaten Donggala berada dalam kota Palu. Tapi setelah lahir Kota Palu, maka ibu kota Donggala dipindahkan ke Donggala. “Jangan sampai kawasan Halimun seperti itu. Makanya pilihan alternatif perkantoran Sultim ada di dataran Kamumu,” ujarnya. (yan)

About uman