Home » Berita Utama » Sukri Bakal Dihadang Mantan Camat
Sukri Bakal Dihadang Mantan Camat
Sukri Djalumang

Sukri Bakal Dihadang Mantan Camat

LUWUK-Tampilnya Sukri Djalumang di dapil IV pada pileg 2019 mendatang lewat Partai NasDem, dinilai tak akan sehebat ketika dia menjadi caleg pada pileg 2014 lalu. Beberapa tokoh birokrasi yang sebentar lagi pensiun, dipastikan akan menghadang lajunya Sukri dalam meraup suara pada dapil kepala burung tersebut.
Muslimin Maabe yang saat ini menjabat sebagai Camat Balantak Selatan, dikabarkan akan ikut berkompetisi pada pileg 2019. Peluang itu terbuka mengingat masa purnabakti Muslimin tahun 2017. Begitu pula dengan Camat Balantak Faisal Maurani. Belakangan ini telah mengkampanyekan diri untuk masuk kontestan caleg. Peluangnya sama besar dengan Muslimin, Faisal pensiun tahun 2018 atau setahun sebelum musim pileg. “Baik Muslimin maupun Faisal sudah mengabarkan kepada masyarakat, akan terjun di dunia politik saat pensiun nanti,” kata sumber kepada Luwuk Post, Jumat (2/9).
Tak hanya dua mantan Camat yang akan menghadang Sukri pada perhelatan politik lima tahunan itu. Sejumlah tokoh yang memiliki elektablitas tak kalah hebat juga sedang membangun kekuatan di dapil IV. “Ada beberapa mantan kepala desa yang punya planning kearah itu. Malah anggota BPD juga berniat yang sama,” kata sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan.
Meskipun Sukri dilabeli ‘raja’ perolehan suara pada semua dapil di pileg 2014. Tapi mantan Ketua Harian DPD Partai Golkar Banggai ini harus kerja keras. Selain tidak lagi menjadi aleg dengan jabatan strategis di tangannya, rival lain yang tidak bisa dianggap remeh adalah Muhtar Dari alias Haji Baba. Aleg dua periode ini dipastikan masih akan melenggang mulus sebagai legislator, dengan kekuatan cost politiknya. Begitu pula dengan Aswan Ali. Sekalipun model konsep, tapi kekuatan di akar rumput masih loyal padanya.

PUTUSAN NASDEM TEPAT
Sementara itu, mantan Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai, Aryanto Hakim menilai, langkah politik yang diambil Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai, Batia Sisilia Hadjar dengan memasang Sukri di dapil IV sudah sangat tepat.
“Itu langkah yang cerdik dan strategis,” nilai Anto Hakim. Sebab lanjut dia, masyarakat menantikan figur seorang Sukri Djalumang yang selama menjadi anggota DPRD selalu memperhatikan sejumlah kepentingan masyarakat yang diwakili nya. Bagi Anto, kharisma Sukri di dapil yang mencakup enam kecamatan (Balantak, Balantak Selatan, Balantak Utara, Lamala, Mantoh dan Masama) itu masih melekat di hati rakyat. “Saya yakin pada pileg 2019, Sukri mampu menyumbang dua kursi buat Partai NasDem,” kata Anto yakin. (yan)

About uman