Home » Berita Utama » Seriusi Eksekusi Tanjung
Seriusi Eksekusi Tanjung
Iptu Andreas H Maringan

Seriusi Eksekusi Tanjung

LUWUK-Kasat Intelkam Polres Banggai Iptu Andreas H Maringan, menegaskan, pihaknya akan menaruh perhatian besar terhadap eksekusi lahan di kawasan Tanjung Kelurahan Keraton, Kecamatan Luwuk. Kata dia, eksekusi Tanjung adalah salah satu dari sekian banyak persoalan yang menjadi pusat perhatian tugas-tugasnya kedepan. “Saya diberi tahu oleh Pak Made (Kasat Intel lama_red), bahwa eksekusi Tanjung harus diikuti dengan serius,” kata Andreas usai Sertijab di Mapolres Banggai, Jumat (2/9).
Mantan Kasat Intelkam Polres Buol itu berharap Kapolres Banggai, AKBP Jamaludin Farti memberikan bimbingan dan mengarahkan dirinya dalam menjalankan tugas sebagai intelejen di wilayah hukum Kabupaten Banggai.
Seperti diberitakan, Ketua Pengadilan Negeri Luwuk, Nanang Zulkarnaen Faisal, di hadapan unsur Forkopimda dan masyarakat Tanjung yang masuk dalam objek sengketa, mengatakan, pelaksanaan eksekusi dilaksanakan pada 20 September 2016.  Kata dia, upaya hukum gugatan perlawanan (derden verzet) tidak akan membatalkan, hanya menunda pelaksanaan eksekusi. Sebab, derden verzet adalah upaya hukum biasa, sementara putusan PK adalah upaya hukum luar biasa, karena sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah).
Sementara itu, sidang derden verzet masih dalam tahap mediasi. Ketua PN Luwuk diangkat sebagai mediator dalam menyelesaikan masalah ini tanpa melalui tahapan persidangan selanjutnya.(awi)

About uman