Home » Luwuk Utara-Timur » Di Bunga Masih Banyak Ternak ‘Lajangon’
Di Bunga Masih Banyak Ternak ‘Lajangon’
Masih banyak ternak lepas yang berkeliaran di jalan Desa Bunga Kecamatan Luwuk Utara.

Di Bunga Masih Banyak Ternak ‘Lajangon’

LUWUK UTARA– Pemerintah desa Bunga Kecamatan Luwuk Utara dibuat kelimpungan. Pasalnya, masih banyak ternak yang ‘lajangon’ alias berkeliaran di jalan. Yang lebih membuat pemerintah desa setempat menjadi galau, ternak tersebut bukanlah milik warga desa Bunga melainkan desa tetangga Biak.
Sekretaris desa (Sekdes) Bunga, Saleh M. Adasa mengaku kuatir, ketika ternak lajangon itu tidak segera ditertibkan, maka bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalulintas (lakalantas).
“Sudah banyak warga yang mengeluh kepada kami. Salah satunya banyak warga yang tanamannya mati lantaran dimakan ternak,” kata Saleh kepada Luwuk Post, kemarin.
Karena pemilik ternak adalah desa tetangga sehingga kata Saleh pihaknya sudah memberitahukan kepada pemerintah desa Biak agar menertibkan ternak-ternak tersebut. Namun penyampaian itu tak ditanggapi serius.
Apa solusinya? Sekdes kembali berujar, rencananya tahun depan pihaknya akan membuat peraturan desa (Perdes) tentang ternak. Dengan regulasi itu, diharapkan efektif dalam menertibkan ternak yang lajangon.
“Ada konsekwensi hukum, ketika ada warga yang mengabaikan perdes,” jelas Sekdes Bunga. (tr-52)

About uman