Home » 2016 » September

Monthly Archives: September 2016

Prodi Teknik Sipil FATEK UML Divisitasi

LUWUK-Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prof. Dr. Ir. Sri Harto Brotowiryatmo, DIP.H, dan Dr. Ir. Heru Purnomo, melakukan visitasi Program Studi (Prodi) Teknik Sipil, Fakultas Teknik (FATEK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Rabu (28/9) kemarin. Visitasi tim asessor BAN-PT tersebut merupakan tahap re-akreditasi terhadap prodi Teknik Sipil FATEK Unismuh Luwuk, yang rencananya akan berlangsung selama tiga hari, dimulai ... Read More »

Anggaran KIP Tembus Angka 1 M

LUWUK– Meskipun banyak yang menyesali tentang penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang dinilai tidak tepat sasaran, tapi untuk tahun 2016 anggaran yang dikucurkan untuk KIP menembus angka Rp. 1 M. Data yang diberikan oleh Operator Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, pada tahap satu dan dua penyaluran anggaran, ada 2579 anak yang menerima dana KIP, dengan total ... Read More »

24 SMK Ikuti Verifikasi Wilayah

LUWUK – 15 SMK Negeri dan 9 SMK swasta mengikuti verifikasi wilayah untuk mendapatkan bantuan dari Direktorat Pembinaan SMK. Ketua Musyawarah Kepala-Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Kabupaten Banggai, I Nyoman Lendra, menegaskan tanggal 15 Oktober 2016 instrumen usulan tersebut sudah bisa diserahkan ke Direktorat P-SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai. I Nyoman Lendra juga menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada sekolah ... Read More »

Kopertis Apresiasi Untika Luwuk

LUWUK-Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi (Kopertis) Wilayah IX Makassar, Andi Niartiningsi, memberikan apresiasi kepada Universitas Tompotika (Untika) Luwuk. Apresiasi orang  paling berpengaruh terhadap lebih dari 300 perguruan tinggi se-Sulawesi itu disampaikan dihadapan ratusan undangan Wisuda Untika Luwuk Angkatan ke-XXII tahun 2016, di Hotel Estrella, Rabu (28/9). Menurutnya, keberhasilan Untika Luwuk mewisuda kepada 321 mahasiswa tahun ini adalah capaian yang tidak dapat ... Read More »

Mustapa Bilang Staf Ahli Bupati Gagal Paham

LUWUK-Kuasa hukum ahli waris Berkah Albakar, Mustapa Patiwael,  menilai staf ahli Bupati Banggai Bidang Hukum dan Politik, Syaifuddin Muid gagal paham dalam memaknai landasan hukum pelaksanaan eksekusi lahan seluas 6,4 hektar di Tanjung, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk. Menurut dia, tidak ada aturan yang membolehkan sertifikat bisa diterbitkan diatas lahan yang mempunyai putusan PK berkekuatan hukum tetap (inkrah). “Jadi jangan menebar ... Read More »

HP Handoko Diperiksa di Mabes Polri

LUWUK-Handphone (HP) jenis Iphone milik Handoko Magaline tersangka kepemilikan empat gram sabu yang ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Banggai Jumat malam (9/9) lalu di dalam Lapas Kelas IIB Luwuk, sementara diperiksa di Bagian Information Technology (IT) Mabes Polri, Jakarta. Sebelumnya telepon genggam Handoko diperiksa di Bagian IT Polda Sulteng. Tapi, karena beberapa pertimbangan hukum, sehingga HP tersebut harus dibawa ke ... Read More »

Ruangan Sempit, Satu Pintu, Juga Pengap

AZAN ashar sudah berkumandang. Alponsina Makase, 79, masih duduk termangu di kursi besi berukuran panjang itu. Menoleh sesekali melihat warga lain masuk-keluar dari ruang tempat pengurusan elektronic KTP (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banggai. Di samping kiri kanannya, warga lain ikut mengantre. Rata-rata juga mengurus e-KTP. Di depannya puluhan orang berjubel di meja berukuran sekira 2 ... Read More »

Pemda Banggai tak Perlu Galau

LUWUK– Sekretaris Komisi I DPRD Banggai, Bachtiar Pasman menyarankan agar Pemda Banggai tidak galau, terkait dana alokasi umum (DAU) tahun anggaran 2016. Sebab anggaran Rp158 miliar yang bersumber dari DAU itu bukanlah pemangkasan, melainkan dananya dipinjam oleh pemerintah pusat. “Makna kata pinjam berarti akan dikembalikan. Saya sarankan Pemda Banggai tidak perlu galau dengan kondisi keungan daerah yang terjadi saat ini,” ... Read More »

Ketua FKPPI Banggai Belum Bertuan

LUWUK– Jabatan Ketua Forum Komunikasi Putra/Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Kabupaten Banggai masih lowong. Presidium hingga kini belum memutuskan siapa figur yang menduduki jabatan strategis itu. Persoalan internal menjadi pemicu sehingga kondisi tersebut harus terjadi. Ketua FKPPI Kabupaten Banggai Aryanto Hakim yang juga anggota presidium kepada Luwuk Post, Senin (26/9) kemarin mengatakan, berdasarkan hasil musyawarah nasional (Munas) FKPPI di Kota Magelang ... Read More »

15 Oktober DPD KNPI Banggai Dilantik

LUWUK– Setelah mengantongi surat keputusan (SK), DPD KNPI Kabupaten Banggai dibawah komando Irfan Bungaadjim kosentrasi pada pelaksanaan pelantikan. Jika tak ada aral melintang, pengukuhan oleh DPD KNPI Provinsi Sulteng itu dilaksanakan tanggal 15 Oktober. Jadwal pelantikan itu ditetapkan lewat rapat terbatas pengurus DPD KNPI Kabupaten Banggai, Minggu (25/9) malam lalu. “Itu antara lain yang menjadi keputusan dalam rapat terbatas,” kata ... Read More »