Home » Berita Utama » Optimis Capai Satu Juta Ternak Sapi
Optimis Capai Satu Juta Ternak Sapi
Namanya juga kontes ternak, pasti ada ada saja kejadian lucu. Seperti Wakil Gubernur Sulteng, H. Sudarto yang nyaris diseruduk kambing saat meninjau stand pameran kontes ternak se-Sulteng di lapangan Bumi Mutiara Luwuk, Senin (29/8).

Optimis Capai Satu Juta Ternak Sapi

LUWUK– “Saya bangga dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulteng. Kinerja kedua instansi ini telah menunjukkan hasil yang baik,” puji Wakil Gubernur Sulteng, H. Sudarto pada pembukaan kontes ternak ke 5 dan panen pedet ke 1 tingkat Provinsi Sulteng, di lapangan Bumi Mutiara Luwuk, Senin (29/8).
Apresiasi diberikan Sudarto terhadap SKPD yang dinahkodai Ir. Faizal Mang itu terkait dengan program inseminasi buatan yang menunjukkan tingkat keberhasilan diatas 60 persen.  “Inseminasi buatan dari target 20 ribu ekor kelahiran ternak, saat ini sudah mencapai 16.102 ekor atau pencapaian 62 persen. Saya yakin dengan kerja keras semua stakeholder target tahun ini bisa terealisasi,” kata Sudarto.
Sudarto mengemukakan lomba kontes ternak dan panen pedet sangatlah penting. Sebab, dengan kontes ternak seluruh peserta dapat menambah wawasan serta informasi, yang selanjutnya bisa diterapkan di daerahnya masing-masing, sehingga kedepan bisa berdaya saing sekaligus menopang program pemerintah.
Salah satu program Provinsi Sulteng lanjut Sudarto adalah menuju swasembada sejuta sapi ditahun 2021. Bila mencermati pencapaian populasi sapi yang tahun ini sudah menyentuh pada angka 350 ribu sapi, maka sasaran program tersebut tidak akan sulit dicapai. “Mudah-mudahan saja, perampingan ASN dimana salah satunya ada pada Dinas Peternakan, tidak memberi pengaruh dalam mengejar target swasembada sejuta sapi tahun 2021,” kata Sudarto.
Ia mengatakan, banyak bantuan ternak yang dikucurkan pemerintah. Tinggal tergantung kepiwaian peternak dalam mengelola bantuan tersebut.
Bertalian dengan kegiatan itu, Sudarto mengaku sudah menjadi agenda Pemprov Sulteng. Karena sejak kepemimpinan Gubernur Sulteng Longki Djanggola tahun 2011 lalu, kontes ternak sudah mulai dilaksanakan. “Saya harap kontes ini bisa menjadi motivasi semua kalangan yang terkait didalamnya,” jelas Sudarto.
Sebagai tuan rumah, Wagub Sulteng memberi apresiasi yang tinggi terhadap Pemda Banggai. Karena mampu memfasilitasi kegiatan dengan sukses.
Sudarto berharap melalui wadah ini mempercepat sistem kelembagaan ternak. Sehingga apa yang menjadi target semua bisa terealisasi. (yan)

About uman