Home » Kampus » Ospek Masih Jadi Momok Menakutkan
Ospek Masih Jadi Momok Menakutkan
Farid Haluti

Ospek Masih Jadi Momok Menakutkan

LUWUK-Mendengar kata Orientasi Studi dan Perkenalan Kampus (Ospek), tidak terlepas dari ketakutan mahasiswa baru (maba) akan tindakan kekerasan yang kerap dilakukan oleh mahasiswa senior. Bahkan menjelang tahun akademik 2016-2017, kata ospek masih menjadi momok yang cukup menakutkan bagi maba, sekalipun imbauan pemerintah pusat melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) cukup tegas melarang adanya tindak kekerasan dalam pelaksanaan ospek maba.
Menjawab ketakutan tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Farid Haluti, menegaskan bahwa tidak akan ada lagi kekerasan dalam pelaksanaan ospek atau taaruf ke depan. Salah satu antisipasinya, maba tidak lagi menggunakan atribut yang memalukan.
“Sebenarnya bukan hanya tahun ini. Tapi sudah tiga tahun terakhir kekerasan dalam pelaksanaan taaruf di Unismuh Luwuk sudah dihilangkan,” ungkapnya, Kamis (25/8).
Meski demikian, ia sadar paradigma terkait kekerasan dalam pelaksanaan ospek masih cukup tertanam di sebagian maba. Namun, ia memastikan pelaksanaan ospek ke depan maba akan diperlakukan lebih manusiawi.
“Kalau penegasan disiplin maba seperti menghafal pancasila itukan wajar-wajar saja. Yang pasti, perlakuan kepada maba akan lebih manusiawi,” jelasnya.
Sementara itu, Wakil Rektor I, Muh. Gifari Sono, mengungkapkan pengawasan universitas dalam pelaksanaan ospek akan semakin ditingkatkan. Dalam pengawasan tersebut, universitas akan menggunakan sistem kontrol radio (HT) untuk memudahkan komunikasi panitia dan pihak universitas. Jika terjadi hal-hal di luar konsep pelaksanaan, pihak universitas akan dengan mudah melakukan peneguran. “Ke depan setiap posko itu akan diberikan “HT” untuk memudahkan sistem pengontrolan,” jelasnya.
Perlu diketahui, sistem ospek lebih kepada Perkenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Tentunya, dalam pelaksanaan PKKMB tersebut mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan berbagai macam aspek akademik, sebagai tahap awal maba sebelum memasuki dunia kampus. (and)

About uman