Home » Metro Luwuk » Hibah KNPI Bisa Dicairkan Melalui ABT
Hibah KNPI Bisa Dicairkan Melalui ABT
Hardi Najoan

Hibah KNPI Bisa Dicairkan Melalui ABT

LUWUK—Kasubid Belanja Langsung dan Pembiayaan, Hardi Najoan,  menyatakan, sejauh ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Banggai sudah mencairkan anggaran hibah untuk KONI, PMI, Pramuka dan Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG).  Sementara untuk KNPI akan dicairkan sesudah perubahan.  Sebab, tahapan pencairannya dilakukan setelah penetapan APBD 2016.”Jadi siapapun pengurusnya apakah yang baru atau lama,baru bisa dicairkan setelah APBD perubahan,” katanya.
Ia menjelaskan, proposal bantuan hibah KNPI diajukan setelah Bupati Herwin Yatim dilantik bulan Juni lalu. “Tapi, sudah ada disposisi dari Pak Bupati,” katanya.
Terkait dengan polemik dana hibah dialihkan untuk pembiayaan pengamanan pilkada, menurutnya tidak ada yang salah. “Hibah KNPI sudah dicairkan itu hanya salah ketik. Tapi, dalam ketentuan, dana hibah pun memang bisa dikucurkan untuk bantuan kepada instansi seperti Polri dan TNI,” katanya.
Ia menjelaskan, karena ada pilkada pemerintah daerah mempunyai kewajiban untuk memberikan dana hibah, baik kepada KPUD, panwas, maupun unsur pengamanan Polri dan TNI. “Dalam Permendagri sudah diatur itu,” katanya.
Permendagri yang dimaksud adalah Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 yang diubah dengan Permendagri Nomor 39 Tahun 2012, dimana Pemerintah Daerah bisa memberikan bantuan hibah anggaran pengamanan.“Jadi hibah ke instansi vertikal itu boleh. Dengan catatan diketahui oleh pusat. Instansi diatasnya harus tahu karena harus merubah DIPA,” katanya.
Hardi juga menjelaskan, anggaran hibah KNPI Kabupaten Banggai yang belum dicairkan pada tahun 2015 itu, masuk sebagai dana silpa pada tahun 2016. “ Yang belum dicairkan tahun lalu jadi silpa, lebih tepatnya tanya bagian akuntansi ya,” tandasnya. (ris)

About uman