Home » Luwuk Utara-Timur » Desa Awu tak Dibenarkan Pilkades
Desa Awu tak Dibenarkan Pilkades
William Monggesang

Desa Awu tak Dibenarkan Pilkades

LUWUK– Meskipun belum ada kepala desa (kades) devinitif di desa Awu Kecamatan Luwuk Utara, namun wilayah tersebut tidak dibenarkan melaksanakan Pilkades serentak. Ada regulasi yang mengaturnya.
Ketua Forum Kepala Desa (Forkades) se-Kecamatan Luwuk Utara, William Monggesang, Kamis (25/8) menjelaskan, dari 9 desa dan 2 kelurahan di Kecamatan Luwuk Utara, tiga desa masih dipimpin pelaksana tugas (Plt) Kades. Ketiga desa itu, yakni Boyou, Salodik dan Biak. “Ketiga desa itu akan melaksanakan Pilkades serentak bersama ratusan desa lainnya di Kabupaten Banggai,” kata William.
Berbeda persoalannya ketika disandingkan dengan desa Awu. Sekalipun jabatan Kades kosong, namun tidak dibenarkan melaksanakan pilkades. “Rujukannya undang-undang nomor 6 tahun 2014,” kata William.
Pasca terlilit kasus hukum, Hasanuddin belum setengah periode memimpin Desa Awu. Untuk menentukan siapa penggantinya harus dirumuskan lewat musyawarah desa. “Kalau dalam musyawarah desa itu tidak ada kesepakatan, maka alternatifnya voting,” jelas William. Olehnya saran dia, BPMPD sebagai leading sektor, secepatnya melayangkan surat kepada BPD untuk segera melaksanakan musyawarah desa dalam menentukan Kades devinitif. (yan)

About uman