Home » Metro Luwuk » Ops Rutin, 60 Ranmor Ditilang
Ops Rutin, 60 Ranmor Ditilang
Kasat Lantas, AKP Hankie Fuareputra Sik, saat mengkoordinir sejumlah anggota Satuan Lalu Lintas Polres Banggai untuk mengamankan kendaraan yang kena tilang, Senin (22/8).

Ops Rutin, 60 Ranmor Ditilang

LUWUK-Meski kerap dilakukan sweeping atau razia kendaraan bermotor (Ranmor), tapi jumlah pelanggar belum berkurang. Seperti pada operasi (Ops) rutin yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Banggai, Senin (22/8) kemarin. Sebanyak 60 kendaraan jenis roda dua dan roda empat terpaksa harus menginap di halaman Mapolres karena tidak memiliki kelengkapan kendaraan.
“Ini adalah operasi rutin yang ditingkatkan, karena akhir-akhir ini pencurian kendaraan bermotor mulai meningkat lagi,” terang Hankie, saat ditemui di sela-sela tugasnya.
Ia menjelaskan operasi kendaraan bermotor akan rutin dilakukan, dengan maksud mampu menekan angka kriminalitas dalam hal pencurian kendaraan. Sebab, dengan adanya razia rutin, setidaknya pelaku kejahatan akan berfikir panjang ketika menggambil kendaraan orang lain. Tak hanya itu, efek lain dari razia rutin juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara. Sebab, dari sejumlah kendaraan yang ditilang mayoritas karena tidak memiliki kelengkapan kendaraan maupun pengendara. Seperti, SIM, STNK, Pajak dan kaca spion. “Selain 60 kendaraan yang kena tilang, ada juga 21 kendaraan yang hanya kena teguran. Yang kena teguran itu seperti plat nomor yang dibungkus riben,” tuturnya.
Hankie juga menekankan kepada para pengendara atau pengemudi yang belum memiliki syarat cakap berkendara untuk segera mengurusnya, terutama soal surat ijin mengemudi (SIM). Sebab, SIM merupakan syarat utama bahwa pengedara layak berkendara di jalan umum.(van)

About uman